Disdikbud Gelar Seminar Kuliner Khas Kota Serang

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang menggelar seminar “Revitalisasi dan Reaktualisasi Budaya Lokal (Kuliner Khas Kota Serang)” di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan seminar yang membicarakan kuliner khas Kota Serang ini dimeriahkan dengan hadirnya narasumber juru masak terkenal chef Ranu Visudha. Hadir dalam acara ini Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang  Achmad Zubaidillah, Sekretaris Disdikbud Wasis Dewanto dan Kabid Kebudayaan Evie Shofiyah Usman.

Ketua panitia seminar Yanti Yuliawati menjelaskan kegiatan yang dibuka Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang  Achmad Zubaidillah ini diikuti sekitar 100 peserta. Mereka terdiri atas mahasiswa, sisw SMA/SMK, anggota Darma Wanita, anggota  PKK, forum kebudayaan, dan anggota organisasi perempuan.

“Selain chef Ranu Visudha, nara sumber lainnya adalah Arkeolog Tubagus Najib, Direktur Banten Heritage Haodudin dan peneliti Bantenologi Yadi Ahyadi,” katanya.

Yanti menjelaskan ada empat tujuan dari kegiatan tersebut. Pertama , untuk melestarikan makanan khas tradisional yang bisa diangkat menjadi kuliner khas Kota Serang.

Kedua, untuk menggali  kembali spirit dan menumbuhkembangkan tradisi yang berkaitan dengan makanan khas Kota Serang yang akan dipromosikan ke luar daerah, sehingga bisa menarik minat kunjungan wisatawan kuliner ke Kota Serang.

Ketiga, menopang perkembangan wisata terutama wisata religi dengan pengembangan kuliner  makanan khas Kota Serang

Keempat menyosialisasikan hasil identifikasi makanan khas tradisional yang telah ditetapkan menjadi makanan khas Kota Serang dalam Peraturan Wali Kota Serang (Perwal) No. 27 tahun 2018 tentang Pakaian dan Kuliner Khas Kota Serang. (Rizki)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here