Disdikbud Banten Petakan PPDB Zonasi

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banten melakukan pemetaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) zonasi tingkat SMA Negeri se-Banten. Pemetaan tersebut dengan melakukan pendataan jumlah sekolah tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berada di sekitar SMA tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdikbud Banten Rudi Prihadi saat dihubungi, Jumat (17/5/2019).

“Disdikbud Banten bersama pihak SMA Negeri melakukan pendataan jumlah sekolah pada tingkat SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), yang berada di SMA negeri. Dengan dilakukan pemetaan, maka pihak SMA negeri bisa menghitung jumlah lulusan dan daya tampung yang tersedia,” kata Rudi kepada Kabar Banten.

Ia menjelasakan, penetapan zonasi ditentukan kepala SMA negeri dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Hal tersebut dilakukan karena kepala SMA negeri bersama MKKS yang paham kondisi, antara jumlah lulusan dengan daya tampung yang tersedia.

“Kami Disdikbud Banten sebagai fasilitator dan melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan PPDB. Sedangkan pihak sekolah pelaksana, tugas sekolah untuk mengingput data calon peserta didik baru agar masuk ke sistem jaringan dalam PPDB online,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika sekolah mengalami kelebihan daya tampung, maka siswa yang terdekat lebih dulu diterima, pada PPDB 90 persen menggunakan zonasi.

“5 persen untuk pelajar yang memiliki prestasi akademik dan non akademik walaupun bukan dalam satu zona. Kemudian 5 persen lagi untuk pelajar pindahan karena ikut orangtua yang pindah tugas, dengan catatan ada surat tugas dari lembaga terkait orangtua yang ditugaskan. Ataupun orangtua yang tinggal di satu zonasi namun anak tersebut berada di luar zonasi, siswa tersebut tetap bisa mendaftarkan dengan menggunakan kartu keluarga,” katanya. (DE/YA)*

3 KOMENTAR

  1. Lalu jadwal dan tahapan PPDB online banten kapan ya min? Dimana bisa didapatkan informasinya? Daerah lain sudah diumumkan jadwalnya, kok googling untuk daerah Banten gak nemu ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here