Disdikbud Banten Klaim PPDB SMAN/SMKN Lancar

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banten mengklaim pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMAN/SMKN berjalan dengan lancar, karena sudah menggunakan online dan offline.

Oleh karena itu, orangtua calon murid diminta tidak perlu khawatir, dalam pengambilan nomor urut pendaftaran PPDB karena sudah ditetapkan waktunya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Engkos Kosasih Samanhudi, di SMKN 2 Kota Serang, Senin (17/6/2019).

“Orangtua calon siswa yang datang ke sekolah pagi-pagi itu merupakan kekhawatiran mereka, dalam mendaftarkan anaknya ke sekolah yang dituju. Padahal sudah disiapkan seperti nomor urut pendaftaran dan akan dibuka pada pukul 07.00 WIB standar masuk sekolah,” kata Engkos kepada Kabar Banten.

Selain itu, ia mengatakan, pelaksanaan PPDB 2019 di hari pertama berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. PPDB tahun ini menggunakan tiga jalur yakni jalur zonasi, prestasi dan perpindahan dengan orangtua.

“Tahun ini menggunakan 3 jalur yakni jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orangtua. Kami belum tahu berapa daya tampung dari sekolah, nanti dilihat dulu. Pendaftaran bisa menggunakan online dan offline atau datang langsung ke sekolah,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdisbud) Ujang Rafiudin mengatakan, pada PPDB hari pertama tingkat SMAN/SMKN dan Sekolah Khusus (SKh) berjalan dengan lancar dari total 230 SMA/SMK di Banten.

“Kami tidak pernah membuat aturan baik dalam petunjuk teknis (juknis) dan Peraturan Gubernur (Pergub) bahwa salah satu persyaratan harus melegalisir kartu keluarga. Yang ada itu saat validasi ke sekolah memang harus membawa kartu keluarga dan aslinya untuk divalidasi tidak pernah untuk dilegalisir,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here