Senin, 23 April 2018
ilutrasi membatik

Disdik Kota Serang Mengajak Masyarakat Membatik

Batik adalah salah satu pembuatan bahan pakaian, yang merupakan warisan yang pantas diabadikan. Seiring dengan perkembangan zaman, batik pun ikut berkembang menjadi kesenian yang hampir ada di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kota Serang.  Hal itu menjadi salah satu alasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang melalui Bidang Kebudayaan, mengajak masyarakat Kota Serang untuk membatik.

Selain untuk membudayakan batik, pihaknya pun ingin Kota Serang memiliki batik tersendiri.
“Jadi kami ingin masyarakat di Kota Serang ini bisa belajar membatik, agar mereka bisa berkreasi membuat variasi batik sesuai dengan ciri khas daerahnya,” kata Sekretaris Disdikbud Kota Serang, Wasis Dewanto kepada Kabar Banten, belum lama ini.

Wasis menuturkan, Provinsi Banten, khususnya di Kota Serang saat ini masih belum memiliki ciri khas batik, terlebih batik saat ini sudah menjadi pakaian yang wajib digunakan di hari tertentu sebagai indentitas bangsa. “Kami mengadakan pelatihan membatik agar nanti di tiap kecamatan itu masyarakat bisa menciptakan batik khasnya. Motif batiknya bisa diambil dari sumber daya alam yang ada di kecamatan itu,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, batik juga perlu ada penguatan regulasi. Seperti memberikan label batik asli agar konsumen tidak tertipu. Tentunya regulasi tersebut perlu benar-benar dikaji, agar nantinya ada nilai ekonomis terkait kebudayaan. “Kami berharap Kota Serang bisa memiliki batik tersendiri dari hasil karya masyarakat Kota Serang,” ujar Wasis.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Serang, Maya Rani Wulan menjelaskan, Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Serang melibatkan masyarakat dalam pelatihan membatik. Saat ini karya batik Kota Serang belum ada dan akan dicoba melalui pelatihan tersebut.  “Hasil dari pelatihan membatik akan ada lomba membatik. Semua peserta yang mengikuti, hasil karyanya akan menjadi koleksi kami di bidang kebudayaan,” ujar Maya.

Maya menuturkan, batik merupakan pakaian yang sangat penting, karena menjadi sebuah indentitas bangsa. Jika Kota Serang sudah memiliki batik tersendiri, maka Indonesia akan menambah kekayaan budaya, khususnya batik. “Jadi nanti Kota Serang agar bisa memiliki ciri khas dari batik itu,” tuturrnya. (Tresna/”KB”)***


Sekilas Info

RAC PERADI SERANG 2018, Integritas Pengacara Perlu Ditingkatkan

Masalah integritas pengacara mengemuka saat rapat anggota cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Serang di salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *