Disdik Kota Cilegon Terapkan ”Full Day School”

CILEGON, (KB).- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cilegon mulai menerapkan full day school (FDS) khusus untuk sekolah menengah pertama negari dan swasta se-Kota Cilegon. ”Kami mulai uji coba menerapkan full day school pada semester ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Muhtar Gojali, Jumat (11/1/2019).

Ia menuturkan, uji coba sekolah sehari penuh hanya pada tingkat SMP. Karena, untuk tingkat sekolah dasar (SD), pihaknya menolak dengan alasan berbenturan dengan Peraturan Daerah (Perda) Diniyah. Untuk SMP, ujar dia, semua siswa sudah tidak sekolah madrasah.

“Uji coba FDS merupakan usulan dari masyarakat dan selama seminggu ini proses kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak ada kendala. Bahkan, ssejumlah orangtua siswa mendukung adanya kebijakan tersebut,” ucapnya.

FDS, tutur dia, banyak kelebihanya, selain belajar penuh di sekolah, siswa juga bisa menghindari hal-hal yang negatif, seperti pergaulan dan main sama teman seusai sekolah.

“Siswa selama 5 hari dari Senin-Jumat di sekolah, Sabtu kebanyakan orangtua libur dan bisa membawa putra serta putrinya terutama siswa SMP untuk pergi piknik atau kumpul bareng sama keluarga,” katanya.

Selain FDS, ujar dia, siswa tidak juga bebas dalam mengerjakan tugas setelah pulang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Untuk tugas lainnya, seperti PR (pekerjaan rumah) atau tugas penambahan nilai tetap seperti biasa.

“FDS itu bukan berarti siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sekolah. FDS itu penambahan jam belajar di sekolah dan lainnya normal seperti biasa. Pada beberapa bulan ke depan, nanti akan ada evaluasi. Namun, sampai dengan saat ini sambutan dari orangtua siswa bagus,” ucapnya.

Kegiatan FDS yang sedang dilakukan oleh seluruh sekolah SMP negeri maupun swasta mendapat apresiasi dari anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Nasdem, Erick Rebiin. Bahkan, dia meminta, agar dalam satu semester tersebut, orangtua, komite sekolah, serta dewan guru melakukan komunikasi. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here