Disdik Kabupaten Lebak Buka Rekrutmen Kepala Sekolah Baru

LEBAK, (KB).- Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Lebak tahun ini akan melakukan rekrutmen 150 bakal calon Kepala sekolah (Kepsek) baru. Rekrutmen dilakukan untuk mengantisipasi kekosongan kursi Kepsek di daerah tersebut.

Kepala bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Lebak, Ibnu Wahidin mengatakan, rekrutmen bakal calon kepala sekolah rdiharapkan bisa dilaksanakan tahun ini, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

“Kami berharap rekrutmen bakal calon kepala sekolah ini dapat dilaksanakan tahun ini melalui anggaran perubahan,” kata Ibnu Wahidin, Ahad (8/9/2019).

Menurutnya, rekrutmen 150 bakal calon kepala sekolah itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kursi kepala sekolah yang kosong, khususunya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Hal itu dikarenakan, kebutuhan untuk kursi kepala SD ini cukup banyak.

“Kebutuhan kursi untuk kepala sekolah ini cukup mendesak. Karena, kursi jabatan kepala sekolah banyak yang mengalami kekosongan,” katanya.

Ia menjelaskan, bakal calon kepala sekolah itu nantinya akan mengikuti serangkaian tes guna mendapatkan sertifikat. Karena, syarat untuk menduduki kursi kepala sekolah, calon kepala sekolah sudah harus memenuhi syarat memiliki sertifikat kepala sekolah.

”Untuk menduduki jabatan kepala seolah tidak mudah. Sebab, calon kepala sekolah harus terlebih dahulu hmengikuti serangkaian tes guna memiliki sertifikat kepala sekolah,” ujar Ibnu.

Pada tahun ini, sambung dia, dari tes calon kepala sekolah yang sudah diikuti tenaga pendidik di kabupaten Lebak sebanyak 119 pendidik sudah dinyatakan lulus tes. Mereka saat ini telah memiliki sertifikat kepala sekolah masing-masing pada jenjang SD sebanyak 86 pendidik, jenjang SMP sebanyak 30 pendidik dan jenjang TK sebanyak tiga pendidik.

“Kami berharap, persiapan untuk rekrutmen bakal calon kepala sekolah untuk jenjang SD dapat di laksanaan. Sehingga, bakal calon kepala sekolah ini, setelah mengikuti serangkaian tes dan dinyatakan lulus siap untuk ditempatkan menjadi kepala sekolah sesuai kebutuhan,” katanya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here