Disalurkan Baznas Kabupaten Serang, 1930 Siswa Terima Beasiswa

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang menyalurkan beasiswa kepada 1.930 siswa dari Madrasah Diniyah/Madrasah Ibtidaiyah (MD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MAN) Kabupaten Serang menerima. Beasiswa diberikan untuk membantu meringankan biaya pendidikan para pelajar tersebut.

Ketua Baznas Kabupaten Serang Wardi Muslich menjelaskan, beasiswa yang diberikan ada tiga jalur yakni jalur pertama untuk MI/MD sebesar Rp 174 juta yang diberikan kepada 290 murid. Total per murid mendapatkan Rp 600 ribu. Kemudian MTS sebesar Rp 83,5 juta untuk 116 siswa. Per siswa mendapatkan Rp 720 ribu. MAN sebesar Rp 104,4 juta untuk 87 siswa dan santri sebesar Rp 145,2 juta untuk 174 siswa.

“Kemudian kedua beasiswa melalui UPT pendidikan ada 948 orang dikali Rp 600 ribu yaitu Rp 556,8 juta. SD pelaksananya besok. Ketiga SMP sebesar Rp 176,4 juta untuk 245 siswa mendapatkan Rp 720 ribu/siswa, SMA/MAN sebesar Rp 28,8 juta untuk 24 siswa mendapatkan Rp 1,2 juta/siswa,” katanya.

Dia menuturkan, total angka semuanya Rp 1,2 Miliar. Tujuan pemberian beasiswa ini untuk membantu para siswa supaya meringankan biaya pendidikan walaupun saat ini ada dana BOS. Tetapi dana BOS juga memiliki kekurangan sehingga beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu kelemahan itu.

“Jadi membantu siswa dalam biaya pendidikan. Harapan kami dengan dibantu ini mereka tidak kesulitan dan mengurangi beban, kedua dengan adanya beasiswa ini peringkatnya meningkat serta prestasinya bagus,” ucapnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, Baznas Kabupaten Serang secara rutin memberikan beasiswa untuk siswa siswi SD, SMP hingga SMA. Hal tersebut dilakukan untuk menjawab kondisi masyarakat Kabupaten Serang yang masih memiliki persoalan dalam kegiatan pendidikan.

“Misalnya saja hari ini saya baca koran ada mengeluhkan persoalan buku maupun seragam. Ini adalah kegiatan untuk menjawab masalah itu,” katanya.

Dia mengharapkan, tidak ada lagi anak-anak di Kabupaten Serang yang putus sekolah. Total untuk yang mendapatkan beasiswa yakni 1.903 orang. Cakupannya SD, SMP, MTS, MAN maupun santri. “Tentunya ini bermanfaat untuk kami semua dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here