Dinyatakan Mengandung DNA Babi, Apotek Berhenti Jual Viostin DS dan Enzyplex

SERANG, (KB).- Sejumlah apotek di Kota Serang berhenti menjual dua jenis suplemen makanan Viostin DS dan Enzyplex yang dinyatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengandung DNA Babi. Bahkan, penarikan dua suplemen tersebut sudah dilakukan dua bulan lalu. “Udah enggak jualan sejak dua bulan yang lalu,” kata petugas Apotek Gama, Farhan saat ditemui Kabar Banten di Jl. A Yani, Kota Serang, Kamis (1/2/2018).

Namun, Farhan tidak mengetahui persis alasan penarikan suplemen tersebut. Ia hanya mengetahui di apotek tempat kerjanya sudah tidak ada lagi kedua suplemen tersebut.”Enggak tahu ditarik sama siapanya. Kayaknya di semua Apotek Gama ditarikin, kan Apotek Gama bukan cuma di sini,” ucapnya. Hal hampir senada dikatakan pegawai Apotek Kimia Farma di Kota Serang, Andi. Ia mengatakan, penarikan suplemen tersebut sudah cukup lama.”Viostin DS sama Enzyplex sudah ditarik sama salesnya langsung, ada sekitar satu bulanan, udah lama,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Viostin DS merupakan suplemen makanan yang digunakan untuk meringankan penyakit osteoarthritis (pengapuran sendi), rematik, dan gangguan pada persendian dan tulang rawan. Sedangkan Enzyplex adalah obat lambung dan saluran pencernaan yang mengandung enzim-enzim pencernaan, multivitamin dan mineral untuk melancarkan pencernaan dan metabolis. Menurutnya, pihak manajemen Kimia Farma juga sudah menginstruksikan agar menarik barang-barang tersebut dari semua Apotek Kimia Farma.”Pasti (semua ditarik dari Kimia Farma). Kalau ada apa-apa dishare di grup langsung di tarik,” ucapnya.

Sebelumnya, Badan POM RI telah menginstruksikan PT Pharos Indonesia dan PT Medifarma Laboratories untuk menghentikan produksi dan atau distribusi produk Viostin DS dan Enzyplex yang diketahui mengandung DNA Babi. Hal tersebut menyusul terbitnya surat dari Balai Besar POM di Mataram kepada Balai POM Palangkaraya tentang Hasil Pengujian Sampel Uji Rujuk Suplemen Makanan Viostin DS dan Enzyplex tablet. (Masykur/”Job”)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here