Dinsos Ajak Masyarakat Awasi Bansos Rastra

Kepala Dinas Sosial, Eka Dharmana Putra memimpin acara sosialisi Bansos Rastra di gedung tekad waras, Rabu, (28/2/2018) .*

LEBAK, (KB).- Dinas Sosial Kabupaten Lebak meminta masyarakat melakukan pengawasan dan melapor jika terjadi praktik pungutan liar alias Pungli pada bantuan sosial beras untuk masyarakat sejahtera (Bansos Rastra) yang dibagikan secara gratis pada masyarakat tidak mampu atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak, Eka Darmana Putra mengatakan, tahun ini tidak ada lagi pungutan kepada penerima program rastra karena seluruh biaya operasional sudah ditanggung pemerintah. ”Penerima rastra masing-masing dijatah 10 kg beras tanpa harus menebus. Laporkan saja kalau ada yang coba-coba memungut,” kata Kadinsos, Eka Darmana Putra, saat melaksanakan sosialisasi distribusi bantuan sosial rastra tahun 2018 yang diikuti oleh seluruh camat dan kepala desa se-Kabupaten Lebak, di Gedung Tekad Waras, Rangkasbitung, Rabu (28/2/2018).

Dia menjelaskan, teknis penyaluran rastra saat ini sudah berubah. Penentuan daftar penerima sudah ditentukan oleh pemerintah pusat berdasarkan data dari badan pusat statistik (BPS). ”Biaya pendistribusian rastra hingga titik distribusi yaitu di kantor desa ditanggung oleh Sub Bulog Divre Lebak-Pandeglang. Sedangkan biaya pendistribusian dari titik distribusi (kantor desa) menuju penyaluran ke warga, ditanggung anggaran dana desa (ADD) desa setempat. Jadi tidak lagi sistem pengajuan, tapi semua daftar penerima sudah ditentukan pemerintah pusat,” ujarnya.

Eka juga menjelaskan, untuk pagu penerima rastra di Kabupaten Lebak tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 106.232 kepala keluarga (KK). ”Kita berharap penyaluran rastra sesuai dengan waktu yang ditentukan,” ucapnya. Terpisah, Plt Bupati Lebak, Ino S Rawita mengatakan, penyaluran rastra harus dikawal semua pihak agar rastra tersebut benar-benar bisa dinikmati masyarakat yang berhak menerimanya. (ND/Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here