Dinkes Sebut Kota Serang Rentan Penyebaran Covid-19

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang menyebut Kota Serang rawan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Hal itu karena, sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, Kota Serang menjadi pusat perlintasan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Ikbal mengatakan, sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, banyak orang lalu lalang dari beberapa daerah di Banten. Bahkan, dari luar Provinsi Banten.

“Ini kan mengisyarakatkan kepada kita bahwa Ibu Kota Banten, Kota Serang ini kan daerah sentral. Itu semua orang transit di kita dari Jakarta, Pandeglang, Lebak, Cilegon bahkan Sumatera kan. Jadi tinggi risikonya juga seperti Tangerang Raya karena kita dipusat pemerintahan,” kata Ikbal, Kamis (9/4/2020).

Namun, menurut dia untuk melakukan karantina wilayah atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus atas izin Kementerian Kesehatan. Sehingga, saat ini hanya akan dilakukan lockdown lokal saja seperti yang dilakukan sebelumnya di Kelurahan Unyur.

“Artinya kan sekarang nambah dua kecamatan kalau kemarin Kecamatan Serang sekarang bergeser disebelahnya Kecamatan Cipocok Jaya, Kelurahan Penancangan,” ucap dia.

Dengan adanya dua pasien yang dinyatakan positif itu, ia berharap masyarakat lebih respek terhadap imbauan dari pemerintah. Seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, physical distancing, menggunakan masker dan segera mencuci pakaian yang sudah digunakan.

“Jadi kalau selama ini masyarakat tidak respek terhadap imbauan, maka kita harus berpikir ulang bahwa ancaman sudah disekitar kita, lindungi masing masing keluarga, kerabat dan lingkungan yang lebih luas,” ujarnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here