Dinkes Lebak Dorong Penderita HIV/AIDS Cek Up Rutin

LEBAK, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak terus berupaya dan mendorong para penderita HIV/AIDS agar melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatan secara rutin ke Klinik Seroja yang disediakan Pemkab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Adjidarmo, Rangkasbitung. Kepala Dinkes Lebak, HM. Sukirman menyatakan, pengecekan rutin itu diperlukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan para penderita HIV/AIDS.

”Kami berharap saran ini benar-benar diikuti oleh penderita HIV/AIDS, karena melalui pengecekan rutin di Klinik Seroja, maka tingkat penularan HIV/AIDS pada diri si penderita semakin menurun, serta kesehatan fisiknya terkontrol,” kata HM. Sukirman kepada Kabar Banten, Selasa (31/10/2017).

Menurut Kadinkes, banyak penderita HIV/AIDS di Lebak yang kurang serius untuk mengecek kesehatannya. Padahal sangat penting untuk kesehatan dirinya sendiri. Hal itu harus menjadi perhatian Dinkes, sehingga warga penderita HIV/AIDS harus kita dorong agar mereka mulai meruntinkan diri untuk mengecek kesehatannya ke Klinik Seroja di RSUD Dr Adjidarmo Rangkasitung.

”Apapun kasus penyakitnya, kami harus tetap memiliki perhatian besar terhadap penderita HIV/AIDS, sehingga kami harus terus mengingatkan mereka untuk membiasakan diri melakukan pengecekan ke Klinik Seroja,” ujarnya. Ditambahkannya, agar program tersebut benar-benar terealisasi dengan baik, pihaknya telah memerintahkan staf di Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, untuk rutin menemui para penderita HIV/AIDS.

Kepala Bidang P2PL pada Dinkes Lebak, dr. Firman Rahmatullah menambahkan, keberadaan Klinik Seroja yang disediakan Pemkab ini merupakan klinik untuk membantu mengetahui perkembangan dan kondisi kesehatan para penderita HIV/AIDS. Untuk itu, agar keberadaannya tidak mubazir, maka manfatkanlah sebaik-baiknya oleh para penderita HIV/AIDS. ”Para penderita HIV/AIDS harus mengetahui kondisi kesehatannya sendiri. Oleh karena itu, agar kesehatannya terkontrol, maka datanglah secara rutin ke Klinik Seroja,” kata dr. Firman. (Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here