Selasa, 25 September 2018
Hasanudin, Sekretaris Dinkes Kota Serang.*

Dinkes Kota Serang Buka Seleksi Pegawai Non-ASN

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang membuka seleksi pegawai non-aparatur sipil negara (ASN) untuk posisi promosi kesehatan (Promkes). Pegawai non-ASN tersebut, rencananya akan ditempatkan di setiap Puskesmas di Kota Serang.
“Pembukaan sejak Kamis hingga Senin (1-5/3/2018),” kata Sekretaris Dinkes Kota Serang, Hasanudin kepada Kabar Banten, Jumat (2/3/2018).

Ia menuturkan, untuk satu Puskemas dibutuhkan seorang pegawai Promkes. Sementara, saat ini jumlah Puskemas yang ada di Kota Serang sebanyak 16 Puskesmas. “Jadi, kami membutuhkan 16 pegawai saja,” ujarnya. Ia menjelaskan, proses pendaftaran dan verifikasi berkas dimulai pada Selasa hingga Kamis (6-8/3/2018) yang dilaksanakan di Aula Dinkes Kota Serang.

Kemudian, hasil seleksi berkas akan diumumkan melalui website Dinkes Kota Serang pada Jumat (9/3/2018). “Setelah itu, dilanjutkan wawancara pada Senin (12/3/2018) di kantor, lalu pengumuman kelulusan pada Kamis (15/3/2018) di website. Setelah lulus, mereka wajib melengkapi berkas yang kurang pada Senin hingga Rabu (19-21/3/2018) di kantor,” ucapnya.

Ia menjelaskan, tugas Promkes yang ditempatkan di semua Puskesmas, yaitu menyusun rencana kegiatan pelayanan promosi kesehatan berdasarkan data program Puskesmas dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja. Kemudian, melaksanakan kegiatan promosi kesehatan, seperti penyuluhan kesehatan, pembinaan, dan fasilitator desa siaga. “Nantinya mengevaluasi hasil kegiatannya, yaitu terkait pelayanan promosi kesehatan secara keseluruhan,” tuturnya.

Kepala Dinkes Kota Serang, Toyalis menuturkan, selama ini bidang Promkes di setiap Puskesmas hanya ditangani pegawai di bidang lain, sehingga kurang ditangani optimal. “Sudah lama bidang ini dibutuhkan, kalau mau penyuluhan atau lainnya masih ditangai perawat,” katanya.

Menurut dia, setelah adanya bidang tersebut, maka tugas tiap bidang akan lebih fokus dan pelayanan kepada masyarakat akan berjalan secara baik. “Mininal satu Puskemas sudah memiliki seorang pegawai khusus di bidang Promkes. Jadi, semua petugas Puskemas bisa lebih fokus dalam melayani masyarakat,” ujarnya. (TM)***


Sekilas Info

Wagub Banten Klaim Kekerasan Perempuan dan Anak Menurun

SERANG, (KB).- Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, mengatakan, korban kekerasan perempuan dan anak di wilayah Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *