Dinkes Kota Cilegon Bangun Lima Posko Mudik Lebaran 2019

CILEGON, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon berencana menyiapkan lima posko kesehatan di jalur mudik Lebaran dan jalur wisata Lebaran. Tidak hanya itu, dinas tersebut, juga menyiapkan dokter jaga yang akan standby 24 jam.

Kepala Dinkes Kota Cilegon Arriadna mengatakan, lima posko mudik, di antaranya di Terminal Merak, Land Mark Kota Cilegon, Jalan Aat Rusli (JAR) area Pondok Cilegon Indah (PCI), JAR area Ciwandan, dan Terminal Seruni. “Posko itu akan dibuka sejak H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran,” katanya.

Ia menuturkan, di setiap posko akan disiagakan dua petugas medis. Hal tersebut dilengkapi peralatan kesehatan, obat-obatan, dan ambulans. “Jika pemudik mengalami gangguan kesehatan ringan, maka akan langsung ditangani di posko, tapi jika harus dirujuk, maka akan langsung dibawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Gangguan kesehatan yang sering dialami para pemudik selama arus mudik, lanjut dia, tidak lain sakit kepala, kelelahan, kembung, mual, diare, dan flu. Tahun lalu, pemudik yang mengalami gangguan kesehatan tersebut, mencapai ratusan orang.

“Perjalanan jauh memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kami menyiagakan dokter serta peralatan medis dan ambulans di setiap posko mudik,” tuturnya.

Untuk menghindari dari gangguan kesehatan serta kecelakaan lalu lintas, dia mengimbau kepada para pemudik, agar menerapkan pola hidup sehat serta memperbanyak minum air putih, sayur-sayuran, dan buah-buahan saat berbuka puasa.

“Kalau bawa kendaraan harus yakin tidak dalam keadaan ngantuk, jangan menerima makanan atau minuman yang disodorkan oleh orang tak dikenal, khawatir racun atau bius,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Andi Affandi menjelaskan, Dishub bersama Dinkes bekerja sama membangun posko mudik. Posko tersebut, selain itu memeriksa kesehatan para pemudik, juga sebagai tempat istirahat. “Posko itu dibangun nanti menjelang arus mudik sekitar 29 Mei,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here