Dinkes Dorong BPJS Kesehatan Lunasi Piutang ke RSDP Serang

SERANG, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk segera melunasi piutang kepada Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP) Kabupaten Serang. Hal tersebut dilakukan agar pelayanan di rumah sakit yang menjadi rujukan regional lima kabupaten/kota itu tetap berjalan dengan lancar.

“Kami dari Dinkes juga terus mendorong BPJS agar segera melunasi piutang ke RSDP. Hal itu disampaikan disetiap rapat,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Wahyu Suwardi kepada wartawan, Sabtu (19/10/2019).

Menurut dia, dengan terus meingkatnya piutang tersebut, maka secara otomatis menghambat berbagai kegiatan atau pelaksanaan RSDP Kabupaten Serang. Seperti pelayanan atau pembelian obat tidak lancar dan pembayaran ke vendor menjadi telat. Hal tersebut dinilai menghambat pelayanan di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tersebut.

“Jadi, tidak bayar sekian, pastinya menghambat seperti belanja obatnya tidak lancar dan pembayaran ke vendor telat,” ucapnya.

Namun dalam setiap rapat kerja yang dilaksanakan, menurut Wahyu, BPJS Kesehatan juga berjanji akan membayarkan piutang tersebut. Dinkes Kabupaten Serang juga memaklumi kondisi yang terjadi pada BPJS Kesehatan saat ini yang sedang defisit. Sehingga pembayaran juga dapat dilakukan secara bertahap.

“Kami juga memaklumi karena BPJS Kesehatan sedang defisit. Jadi pembayarannya juga dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil direktur (Wadir) RSDP Kabupaten Serang Rahmat Fitriadi mengatakan, hingga Agustus 2019 pihaknya mencatat total tunggakan yang dimiliki BPJS Kesehatan kepada RSDP Kabupaten Serang sekitar Rp 23 miliar. Jumlah tunggakan atau piutang tersebut memiliki waktu jatuh tempo yang bervariatif.

“Hingga Agustus 2019 tunggakan atau piutang BPJS Kesehatan ke RSDP itu sekitar Rp 23 miliar,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here