Dindikbud Lebak Fokus Peningkatan Mutu Pendidikan

LEBAK, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Lebak akan terus fokus untuk mengawal peningkatan mutu pendidikan. Sebab, pendidikan yang berkualitas salah satu tujuannya mampu meningkatkan potensi siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran.

Pengawas SMP Dindikbud Lebak Abdusubhan Jayani mengatakan, dalam memenuhi peningkatkan kualitas pendidikan, guru harus memiliki empat kompetensi. Yaitu, kompetensi personal, sosial, pedagogik dan profesional.

Selain itu, guru juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai model dan metode pembelajaran, kondisi siswa dan cara melakukan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dalam hal ini guru harus memperhatikan tiga hal yakni input, proses dan out put.

Ia mengatakan, agar pembelajaran bisa berhasil sesuai kompetensi yang diharapkan, sebaiknya guru berusaha untuk mengembangkan proses belajar mengajar. Dari model konvensional menuju arah yang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran bisa efektif, efisien dan siswa merasa senang saat belajar.

Untuk implementasi tersebut, kata Abdus, guru kreatif yang memiliki ide pembelajaran yang dituangkan dalam kegiatan inti pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) nya, sehingga kompetensi inti kompetensi dasar (KIKD) yang disampaikan sampai dengan sukses.

Sebab, siswa mendapatkan variasi belajar yang dibuat oleh guru berdasarkan kompetensi inti kompetensi dasar (KIKD) itu. Selanjutnya jika guru dapat menjaring KIKD itu terhadap peserta didik maka akan mudah untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) siswa.

Dia menambahkan, dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here