Dindikbud Kabupaten Serang Serahkan Zakat Rp 771,6 Juta ke Baznas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang menyerahkan dana zakat sebesar Rp 771.696.000 ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang. Dana zakat tersebut terkumpul dari pegawai di Dindikbud mulai dari pejabat Eselon II,III,IV, kepala sekolah, guru aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN, pengawas serta penilik.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugraha Jaya ke Ketua Baznas Ahmad Wardi Muslich di Kantor Baznas Kabupaten Serang, Senin (11/5/2020).

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugraha Jaya mengatakan, tahun ini Dindikbud Kabupaten Serang menyerahkan dana zakatnya sebesar Rp 771.696.000 kepada Baznas Kabupaten Serang. Hal tersebut menjadi salah satu agenda rutin yang dilaksanakan dalam agenda gebyar zakat yang dijalankan oleh semua organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Serang.

“Saya selaku kepala dinas menyerukan, mengajak dan mengimbau semua elemen yang ada di Dindikbud Kabupaten Serang untuk mengikuti gebyar zakat ini,” kata Asep saat ditemui usai melakukan penyerahan dana zakat.

Adapun elemen-elemen yang ikut dalam gebyar zakat di lingkungan Dindikbud Kabupaten Serang, dia menyebutkan yaitu pejabat Dindikbud Eselon II, III dan IV, aparatur sipil negara (ASN) Disdikbud, Kepala sekolah (Kepsek) Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga sanggar kegiatan belajar (SKB).

Selain itu juga mengajak para pengawas, penilik, guru-guru ASN dan guru-guru non ASN dengan mengambil item dari zakat mall atau hitungan yang mereka atur sendiri.

“Nanti untuk (Penyaluran) dana zakat sepenuhnya akan diatur oleh Baznas. Harapannya kami ingin lebih menumbuhkan keyakinan atas kewajiban zakat yang harus dilaksanakan. Selain itu, agar lingkar kerja di Dindikbud Kabupaten Serang untuk memahami kewajiban zakat. Sehingga kedepannya akan membangun kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich mengatakan, untuk pelaksanaan gebyar zakat tahun ini tetap dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19 ini.

Untuk saat ini pihaknya menerima dana zakat dari Dindikbud Kabupaten Serang sebesar Rp 771.696.000 dan Baznas masih menunggu penyerahan dana zakat dari semua instansi yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Untuk penerimaannya masih tetap kami buka, awalnya sesuai surat edaran itu kan tanggal 8 Mei 2020 sudah harus terkumpul semua tapi dengan kondisi yang saat ini, maka diperpanjang,” katanya.

Wardi berharap, penyerahan zakat yang dilakukan dapat menambah amal para pemberi zakat. Dana zakat dari gebyar zakat tersebut nantinya akan disalurkan Baznas untuk masyarakat melalui berbagai program yang sudah disiapkan.

“Kami kan memiliki lima program yakni bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan dan kemasyarakatan. Tahun lalu untuk gebyar zakat dananya terkumpul sebanyak Rp 1,8 miliar, mudah-mudahan tahun ini lebih tinggi,” ucapnya. (Tresna Mulyanawati)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here