Dinas Pariwisata Pandeglang: Target PAD Wisata Baru 80 Persen

PANDEGLANG, (KB).- Dinas Pariwisata (Dispar) Pandeglang baru mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 480 juta atau 80 persen dari target total sebesar Rp 600 juta. Target tersebut bersumber dari tiga sektor wisata yang dikelola tahun 2018, di antaranya Pemandian Air Panas Cisolong, Cikoromoy dan Pantai Karangsari Carita.

Kepala Seksi Penataan Dispar Pandeglang, Dini Angraeni mengatakan, dari tiga objek wisata tersebut diyakini mampu mencapai target hingga akhir tahun.

“Kalau untuk PAD Karangsari sudah 100 persen karena bayar uang dimuka Rp 267 juta, kalau dua sektor lagi belum kita cek. Memang untuk target PAD tahun kemarin tercapai dan tahun ini insya Allah tercapai juga,” kata Kepala Seksi Penataan Dispar Pandeglang, Dini Angraeni, Ahad (18/11/2018).

Menurut dia, dari target yang dibebankan Pemkab terhadap tiga objek wisata tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sesuai laporan yang diterima dari pengelola objek wisata tingkat kunjungan wisatawan mengalami peningkatan.

“Dari informasi yang kami terima pengunjung tahun ini ada peningkatan. Mudah-mudahan setiap tahunnya selalu meningkat dan PAD yang kita kejar bisa tercapai,” ujarnya.

Ia mengatakan, selama tahun 2017-2018 angka kunjungan wisatawan ke Pandeglang menunjukkan tren positif. Sehingga kunjungan itu dapat dijadikan sebuah peluang dalam meningkatkan PAD di bidang pariwisata.

“Alhamdulillah dengan banyaknya wisatawan, semoga target PAD yang kita kelola bisa tercapai. Otomatis kalau pengunjung banyak, PAD yang masuk juga bisa lebih besar untuk mendorong percepatan pembangunan di Pandeglang,” ucapnya.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Pandeglang, Agus Priyadi Mustika menyarankan Dispar untuk lebih mengoptimalkan capaian PAD dari tiga objek wisata. Menurut dia, target PAD yang diberikan dapat menjadi acuan agar dapat mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here