Diduga Curang, Panitia Pilkades di Kabupaten Serang Diklarifikasi Panwas

SERANG, (KB).- Seorang panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Desa/Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang diduga melakukan kecurangan. Saat ini, dugaan tersebut masih diproses panitia pengawas (panwas) pilkades.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Banten, oknum ketua panitia pilkades diduga menyembunyikan sekitar 500 surat panggilan memilih milik warga. Kemudian diselewengkan untuk mendukung salah satu calon kades. Sempat terjadi keributan di Kantor Desa Kramatwatu pada Selasa (5/11/2019).

Kemudian sekitar pukul 10.30 siang dilakukan pertemuan di kantor desa sebagai tindak lanjut penyelesaiannya. Oknum panitia tersebut sempat diamankan petugas kepolisian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan klarifikasi terkait kebenaran kasus tersebut.

“Saya masih belum tahu persis persoalannya seperti apa. Saya masih minta bantuan panwas untuk klarifikasi bersama muspika,” ujarnya, Rabu (6/11/2019).

Rudi belum dapat memastikan mengenai status oknum panitia tersebut karena masih harus melihat perkembangan di lapangan. “Mungkin bisa pidana. Kalau ancamannya (hukuman) enggak hafal. Tapi kalau ke arah sana (pidana) kemungkinan,” katanya.

Pihaknya juga belum bisa melakukan pemanggilan terhadap oknum panitia tersebut. Sebab, dugaan tersebut sebatas informasi dan belum ada hasil klarifikasinya. “Proses masih di panwas, nanti panwas mau lapor seperti apa. Panwas punya kesempatan 7 hari sampai Ahad ditambah 14 hari. Jadi masih banyak waktu,” ucapnya.

Ia mengatakan, gelaran pilkades kini sudah selesai. Ia mengimbau masyarakat agar jangan terpancing isu-isu menyesaikan. Berbagai informasi yang beredar harus dibuktikan terlebih dahulu kebenarannya.

“Pilkades adalah pesta demokrasi masyarakat. Ada apapun yang rugi masyarakat. Saya menyarankan apapun ditempuh jalur hukum, sehingga clear di pengadilan mau a atau b. Karena kalau sudah konflik yang rugi masyarakat sendiri,” tuturnya.

Menurutnya, hasil pantauan secara umum pelaksanaan pilkades berjalan lancar aman dan tertib serta tidak ada masalah. “Pemda sangat bersyukur, Ibu Bupati sempat WA ke saya sampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat,” katanya.

Terpisah, Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono mengatakan, oknum panitia tersebut sejak semalam sudah berada di Polres. Namun menurutnya, masalah tersebut sudah diselesaikan di lokasi kejadian. “Kami hanya pengamanan saja,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here