Diduga Akibat Puntung Rokok, Satu Rumah Kosong Terbakar

SERANG, (KB).- Sebuah rumah tak berpenghuni di Kompleks Bungur Indah Cinanggung, Gang Gelatik, Kelurahan Sumur Pecung, RT01/RW15 terbakar sekitar pukul 16.00 WIB, Ahad (22/12/2019).

Dugaan sementara ini, api disebabkan oleh puntung rokok yang masih menyala dan mengenai sampah hingga api membesar.

Komandan Peleton (Danton) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Serang Egi Yusana mengatakan, api berhasil dipadamkan dalam kurun waktu sekitar 20 menit. Namun, pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran tersebut.

“Ini memang kebakaran liar. Entah ada yang membakar, entah ada puntung rokok yang tidak sengaja membakar sampah di sana. Karena, memang di depan rumah tersebut, ada tumpukan sampah,” katanya.

Sementara, untuk memadamkan api, pihaknya mengerahkan satu unit mobil Damkar dan satu unit mobil penyuplai air. Terkait kerugian yang terjadi akibat kebakaran, dia belum bisa menafsirkannya. Sebab, sampai dengan api padam, pemilik rumah tidak dapat dihubungi, sehingga pihaknya belum bisa menafsirkannya.

“Kalau untuk personel yang dikerahkan, itu satu tim rescue. Untuk kerugian, kalau bangunan fisiknya memang tertempel stiker disita oleh bank. Namun, pemilik rumahnya belum bisa dihubungi,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan keterangan saksi di lokasi Abu (24) menuturkan, kebakaran bermula saat dia melihat api dan kepulan asap di rumah tersebut. Mengetahui adanya kebakaran, dia langsung meminta kepada salah satu warga untuk menginformasikannya melalui pengeras suara masjid.

“Awalnya, saya lagi duduk di depan kosan, di lantai dua, tiba-tiba melihat asap tebal dan api. Kemudian, saya teriak dan warga pada keluar rumah. Langsung saya minta untuk diumumin ke masjid, biar warga yang lain pada bantu memadamkan api. Khawatir nanti merambat ke rumah lain. Apalagi posisi rumah di sini berdekatan,” ucapnya.

Namun, dia tidak mengetahui pasti penyebab dari kebakaran tersebut. Ia hanya tahu ketika melihat asap tebal dan api yang melahap sebagian bangunan rumah.

“Kalau penyebabnya, saya enggak tahu. Tapi, kalau dari arus listrik enggak mungkin, soalnya itu kan rumah kosong. Kemungkinan ada yang iseng buang puntung rokok,” tuturnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here