Diangkat dari ASN, Sekretaris PPK Diminta Jaga Netralitas

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar Surya saat melantik sekretaris PPK se-Kabupaten Serang di salah satu hotel Kota Serang, Sabtu (7/3/2020).*

SERANG, (KB).- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang Abidin Nasyar Surya menekankan kepada sekretaris dan staf panitia pemilihan kecamatan (PPK), agar menjunjung tinggi netralitas dan integritas. Hal tersebut, dikarenakan sekalipun mereka aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS), namun dalam hal tersebut, mereka juga bertindak sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.

“Tadi saya sampaikan, bahwa hari ini (kemarin) kami melantik sekretariat dan staf PPK se-Kabupaten Serang, itu sudah ditegaskan sebagai ASN senantiasa jaga integritas selama bekerja. Karena, mereka juga penyelenggaraan di tingkat kecamatan, sama saja mereka di PPK,” katanya kepada Kabar Banten seusai pelantikan di salah satu hotel Kota Serang, Sabtu (7/3/2020).

Ia menjelaskan, sekretariat PPK tersebut layaknya seorang istri bagi PPK. Tugasnya memfasilitasi kegiatan yang dilakukan oleh PPK.

“Saya sampaikan Anda sebagai ASN tidak hanya disorot sebagai ASN, tapi juga penyelenggara kecamatan, jadi harus menjunjung tinggi netralitas, profesional, dan integritas. Mereka silakan jadi tim sukses, tapi hanya dirinya yang tahu, keluarganya tidak boleh tahu,” ujarnya.

Ia menuturkan, untuk tahun ini honor PPK dipastikan naik sesuai arahan Kementerian Keuangan. Hal tersebut, dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para penyelenggara.

“Tidak hanya PPK, tapi juga PPS, kami lebih baik menjaga orang banyak daripada segelintir orang,” ucapnya.

Disinggung soal indeks kerawan pemilu (IKP) Kabupaten Serang yang tertinggi se-Pulau Jawa, dia mengatakan, hal tersebut menjadi early warning bagi KPU untuk terus memperbaiki integritasnya. Akan tetapi, sejauh dia melihat, saat ini Kabupaten Serang masih dalam kondisi aman. Bahkan, dia membantah jika pemilu lalu sempat ada salah kirim logistik.

“Mereka ada penilaian bukan hanya pileg dan pilpres, tapi pemilu sebelumnya. Tapi, kemarin berjalan lancar. Kami (dengan Bawaslu) sangat harmonis, justru kami terima kasih ketika diberi IKP kami tingkatkan profesionalisme dan integritas. Itu bagus buat kami,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri berharap, apa yang diucapkan Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar Surya bisa dijalankan dengan baik oleh para anggota sekretariat PPK yang baru saja dilantik.

“Mereka punya tanggung jawab sukseskan pilkada dengan baik. Saya sepakat sebagai penyelenggara, mereka harus jaga integritas, netralitas, dan profesionalitas itu yang diharapkan ketua KPU. Mudah-mudahan ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh teman teman staf PPK,” katanya.

Berkenaan dengan IKP yang tinggi, dia berharap, hal tersebut, tidak benar-benar terjadi di Kabupaten Serang. Namun demikian, informasi tersebut tentu menjadi dorongan bagi semua pihak, agar semakin waspada dan aware pada pilkada.

“Kami ingin Pilkada Kabupaten Serang sukses dari penyelenggaraan dan pertanggungjawaban dan tentunya menghasilkan kepemimpinan yang dikehendaki masyarakat,” ucapnya.

Khusus bagi partisipasi pemilih, ujar dia, selain menjadi tugas KPU yang sosialisasi dengan intens, pihaknya juga akan membantu melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan hingga tingkat desa untuk sosialisasi.

“Karena bagaimana juga nasib Pemerintah Kabupaten Serang ke depan ini bergantung partisipasi masyarakat dalam menentukan hak pilih. Kami akan dorong terus upaya sosialisasi untuk sampai kepada lapisan terbawah masyarakat baik organ pemerintah daerah maupun media massa dan media lainnya yang bisa diterima masyarakat,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here