Dialokasikan pada APBD Banten 2020, Modal Awal BUMD Agrobisnis Rp 50 Miliar

SERANG, (KB).- Pemprov Banten mulai mengalokasikan modal awal pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Agrobisnis senilai Rp 50 miliar pada APBD Banten Tahun 2020. Pembentukan BUMD Agrobisnis, sudah siap dijalankan seiring telah direvisinya Peraturan daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banten 2017-2022.

“Kemarin ada satu kendala, belum tercantol langsung di RPJMD. Tetapi di-review (revisi perda) kemarin sudah ada,” ujar Kepala Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Banten Mahdani, Ahad (25/8/2019).

Kini, pemprov sedang menunggu finalisasi pembahasan Raperda BUMD Agrobisnis oleh DPRD Banten. “Masih pembahasan perdanya, kemarin juga kajian FS (feasibility study) di Biro Ekonomi (Bina Perekonomian) sudah,” katanya.

Sebagai modal awal pembentukan BUMD Agrobisnis, kata dia, pemprov akan memberikan penyertaan modal senilai Rp 50 miliar pada APBD Banten 2020. “Di APBD 2020 dianggarkan untuk BUMD Agrobisnis. Bank Banten di perubahan (APBD 2019) enggak ada (tambahan), adanya di APBD murni 2020 Rp 175 miliar,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Banten Adde Rosi Khoerunnisa mengatakan, pada sisa masa akhir jabatan, DPRD Banten periode 2014-2019 telah menjadwalkan paripurna pengesahan dua raperda usula gubernur dan lima raperda usul DPRD Banten, ditambah Perubahan APBD Banten Tahun 2019.

Dua raperda usul gubernur yaitu Raperda tentang BUMD Agrobisnis dan Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi Banten. Sementara lima raperda usul DPRD Banten yaitu Raperda tentang Tata Cara Program Penyusunan Peraturan Daerah.

Selanjutnya, Raperda tentang Pedoman Pengisian Jabatan di Lingkungan BUMD Pemprov Banten, Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan serta Raperda tentang Perlindungan Disabilitas. “Terakhir, yang akan ditindaklanjuti adalah Raperda tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” tuturnya.

Paripurna terakhir yang akan dilaksanakan oleh DPRD Banten periode saat ini, yaitu paripurna pengucapan sumpah dan janji DPRD Banten periode 2019-2024 yang dilaksanakan 2 September 2019. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here