Rabu, 22 Agustus 2018

Di Untirta, Hafiz akan Diistimewakan

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang menawarkan banyak keistimewaan kepada para calon mahasiswa baru yang hapal Alquran (hafiz). “Bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA yang hapal Alquran 30 juz atau minimal 15 juz, daftar saja ke Untirta,” kata Rektor Untirta Prof. Sholeh Hidayat, Jumat (3/11/2017).

Selain dipastikan akan lulus seleksi masuk, para hafiz juga akan mendapat berbagai keistimewaan atau fasilitas khusus. Antara lain, difasilitasi mendapat beasiswa penuh melalui program bidikmisi. Selain itu, mereka juga boleh memilih fakultas dan jurusan yang sesuai dengan program studi di sekolah asal.

Dikatakannya, kebijakan tersebut merupakan salah satu komitmen Untirta untuk mewujudkan visi Provinsi Banten iman takwa dan guna membangun generasi muslim berwawasan Alquran. Penegasan Prof Sholeh sekaligus menjawab harapan sejumlah hafiz di Banten yang ingin mendapat beasiswa di perguruan tinggi.

Hal itu antara lain mencuat dalam dialog antara sejumlah pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dengan para santri di Pesantren Tahfiz Irhamna Bil Quran di Kampung/Desa Pari Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang, Kamis (2/11/2017).

Fawaz, salah seorang santri yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz dalam 6 bulan, bertanya tentang peluang para hafiz mendapat beasiswa pada perguruan tinggi di Banten. “Apakah ada kebijakan di perguruan tinggi untuk memberi beasiswa kepada mahasiswa yang hafal Alquran,” tanya Fawaz kepada Ketua LPTQ Banten, Prof. Syibli Syarjaya.

Pertanyaan serupa juga diajukan Ghea Karisma, santri asal Bekasi. Ghea yang mengantongi ijazah Paket C bertanya tentang peluang dirinya diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Menjawab dua pertanyaan tersebut, Prof Syibli menyarankan para santri agar lebih rajin belajar.

“Kalian sedang berada pada usia emas. Manfaatkan kesempatan ini untuk rajin belajar,” kata mantan Rektor IAIN “SMHB” Serang. Ia memastikan, para santri yang hafal Alquran akan mendapat banyak kemudahan di masa depan, baik ketika ingin masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi maupun ketika mencari pekerjaan. “Kuncinya, manfaatkan masa pendidikan di pesantren ini dengan rajin belajar dan menuruti semua nasihat para ustaz,” katanya. (Syair Asiman)***


Sekilas Info

LAZ Harfa Banten Gelar Sholat Ghaib dan Doa Bersama Untuk Korban Gempa Lombok

SERANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (LAZ Harfa) Banten menggelar sholat ghaib dan doa bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *