Di RPH dan Pasar, MUI Awasi Penyembelihan Hewan

SERANG, (KB).- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serang akan segera melakukan pengawasan proses penyembelihan hewan di rumah potong hewan (RPH) dan pasar. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah penyembelihan hewan yang diperjualbelikan ke masyarakat sudah sesuai syariat Islam atau tidak.

Ketua MUI Kabupaten Serang , Rahmat Fatoni mengatakan, MUI memiliki beberapa program kerja salah satunya pengawasan tentang penyembelihan hewan di RPH dan pasar-pasar. “Dalam waktu dekat ini, kami akan mengawasi penyembelihan hewan, apakah sudah sesuai syariat Islam atau tidak. Kami kan gak boleh makan daging yang disembelih tidak sesuai syariat Islam. Pengawasan ini terutama di tempat penyembelihan, seperti RPH, pasar kan ada penjualan ayam potong yang bulu putih itu, nanti kami lihat,” katanya ketika ditemui Kabar Banten seusai audiensi dengan Ketua DPRD Kabupaten Serang, Selasa (13/3/2018).

Hal tersebut, ujar dia, sebagai bentuk antisipasi dari MUI, agar jangan sampai ada hewan yang penyembelihannya tidak sesuai syariat. “Ini bentuk antisipasi kami dan memang kewajiban MUI juga, sehingga dijadikan program kerja MUI. Sebelumnya memang pernah ada yang melaporkan dugaan pemotongan hewan yang tidak sesuai syariat,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, selain program pengawasan penyembelihan hewan, MUI juga memiliki program lain, yaitu pembentukan koperasi yang dibawahi komisi pemberdayaan umat di kepengurusan MUI Kabupaten Serang.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Muhsinin menyambut baik dan mendukung seluruh program MUI. Ia akan turut mendorong penganggaran untuk lembaga keagamaan tersebut. “Saya atas nama pribadi, secara lembaga DPRD dan wakil rakyat mendukung program kerja MUI. Namun, saat ini MUI memang sedang terkendala anggaran, karena hibah tidak bisa diberikan berturut-turut oleh pemerintah. Tapi, semoga ada cara lain untuk membantu MUI, karena bagaimana mau jalan programnya kalau gak ada anggaran,” katanya. (YY)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here