Di Kota Tangerang Selatan, Blok Makam Diseragamkan

TANGERANG, (KB).- Dinas Perumahan Kawasan Permukinan dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangerang Selatan(Tangsel) akan melakukan penyeragaman blok makam di seluruh Tempat Pemakaman Umum (TPU) berupa rumputisasi dan nisan.

Kepala Seksi Pemakaman Disperkimta Kota Tangsel, Nazmudin, mengatakan, ada tujuh TPU yang milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan yakni TPU Pondok Benda, TPU Jelupang, TPU Jurang Mangu Barat, TPU Jurang Mangu Timur.

Kemudian TPU Babakan, TPU Bingbein Serpong, dan TPU Jombang. Sedangkan Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) yang merupakan milik masyarakat mencapai 135 lokasi. Terkait penyeragaman blok makam, Nazmudin mengungkapkan, saat ini baru dilaksanakan di dua TPU yakni TPU Jelupang dan TPU Pondok Benda. Tahun depan akan dilakukan hingga seluruh TPU yang dikelola Pemkot Tangsel.

Sementara itu untuk jenis penyeragaman, lanjutnya, nantinya semua makam hanya berupa gundukan rumput dan nisan saja. Tidak boleh ada tembok hingga kesannya mewah. Pasalnya, TPU merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan sumber resapan air dan oksigen sehingga harus dibuat dan ditata secara rapih.

“Intinya tak ada makam yang terkesan mewah. Semua harus sama berupa hanya gundukan rumput dan nisan saja,” paparnya.

Lebih lanjut, Nazmudin menambahkan, TPU di KotaTangsel baru bisa melayani 10 persen dari jumlah kematian di Kota Tangsel, yaitu sekitar 50 – 60 orang perbulan. Karenanya, akan dibuat lagi TPU Sari Mulya, yang saat ini prosesnya dalam pembebasan lahan dan tahun depan pelaksanaan perapihan mulai dari jalan, jembatan dan blok makam. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here