Di Kabupaten Lebak, Program Sembako Mulai Disalurkan

Suasana penyaluran program sembako di salah satu E-Warong di Kabupaten Lebak.*

LEBAK, (KB).- Program Sembako di Kabupaten Lebak mulai disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui agen E-Warong yang telah ditunjuk pemerintah, Sabtu (15/2/2020).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak, Eka Darmana Putra mengatakan, bantuan program sembako yang diterima KPM se-Kabupaten Lebak pada bulan Februari ini sebanyak dua pagu, bulan Januari dan Februari dengan besaran bantuan perpagu atau setiap bulannya sebesar Rp 150 ribu.

“KPM mendapatkan dua pagu bulan ini, karena bulan Januari selain proses perubahan program, khusus di Kabupaten Lebak ditunda akibat bencana alam banjir bandang dan longsor yang menerjang enam kecamatan awal tahun 2020 lalu,” ujar Eka, Rabu (19/2/2020).

Menurut Eka, pihaknya bersama kementerian sosial telah melakukan monev ke sejumlah agen E-Warong yang tengah melakukan distribusi bantuan program sembako kepada KPM.

“Hasil monev secara umum tidak ada masalah, karena semua agen sudah mengetahui dan mempelajari pedum bantuan sembako 2020,” ujarnya.

Salah seorang agen E-Warong di Kelurahan Muhara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Ahmad Fadilah membenarkan bantuan sembako telah disalurkan kepada KPM mulai Sabtu dan Minggu (15-16/2/2020).

Ia menyampaikan bahwa hasil kesepakatan antara pihaknya dengan KPM, bantuan program sembako yang diberikan setiap KPM di antaranya beras premium 10 Kilogram, telur satu kilogram (15 biji) dan kacang ijo 1/2 kilogram.

“Untuk bulan ini kita salurkan langsung dua pagu dengan besaran bantuan Rp300 ribu, jadi masing-masing KPM mendapatkan dua karung beras (20 kg), telur dua kilogram dan kacang ijo satu kilogram,” ujar Fadilah.

Untuk bulan depan, kata dia, bantuan sembako yang akan diterima KPM normal yakni satu pagu. Untuk pengadaan komoditi, pihaknya bekerjasama dengan Suplayer.

“Untuk komoditi KPM yang menentukan maunya apa? yang tentunya hasil kesepakatan bersama, kalau sudah sepakat komoditinya, baru kita lakukan pemesanan barang kepada Suplayer,” ucapnya. (Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here