Di Hadapan Emak-emak, Mensos Mendadak Jadi Guru

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengunjungi kegiatan edukasi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).*

TANGERANG, (KB).- Melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengunjungi kegiatan edukasi kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pertemuan ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH).

P2K2 lebih dikenal oleh penerima PKH dengan sebutan Sekolah PKH, karena di dalam sekolah PKH, mereka mendapatkan berbagai materi mulai dari materi tentang kesehatan dan gizi, pengelolaan keuangan keluarga, pengasuhan anak dan pendidikan dan berbagai ilmu lain yang telah dituangkan dalam buku pedoman pelaksanaan P2K2.

Karena itu Juliari meminta agar P2K2 tetap dilaksanakannya dengan mengikuti prosedur kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Walaupun sekarang kondisi sedang agak sulit karena Covid-19, tapi ibu-ibu sekalian harus tetap optimis, tetap yakin,” ujar Mensos Juliari dihadapan emak emak, Rabu (29/7/2020).

Dikatakanya, Kegiatan P2K2 adalah kegiatan wajib berisi materi-materi pengetahuan, keterampilan maupun sikap terkait dengan penyaluran bansos PKH yang diberikan pendamping dan harus diikuti oleh seluruh KPM.

“Ketika bansos disalurkan, KPM PKH dibekali kemampuan untuk berdaya dan siap untuk mandiri atau graduasi melalui edukasi kegiatan dalam P2K2 sehingga KPM dapat mengelola bansos yang diterimanya dengan baik,” pungkasnya.

Di kesempatan tersebut, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin menyatakan target graduasi sebesar 10% atau satu juta KPM.

“Tahun ini, kita targetkan 10% dari KPM PKH graduasi,” ujar Pepen seraya menambahkan hal itu tidak terlepas dari peran serta para Sumber Daya Manusia (SDM) PKH, mulai dari pendamping, Koordinator Kota (Korkot), sampai Koordinator Kecamatan dan Kabupaten. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here