Di Festival Cisadane 2019, 20 Botol Plastik Bekas Bisa Ditukar Dengan Tumbler

Selama Festival Cisadane 2019 yang digelar sejak 26 Juli dan diperpanjang hingga 4 Agustus 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menerima penukaran 20 botol plastik bekas ukuran 600 ml dengan satu tumbler yang dapat dilakukan oleh masyarakat di stand yang tersedia di festival Cisadane 2019.

Selain itu, pengunjung juga dapat menukarkan sampah anorganiknya dengan sembako atapun makanan ringan. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Baznas melalui program Zmart. Melalui kegiatan tersebut, DLH Kota Tangerang ingin mengajak masyarakat memilah sampah dari rumah, terutama sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan baik.

Kabid Kebersihan DLH Kota Tangerang, Buceu Gartina menjelaskan penukaran 20 botol plastik ukuran 600 ml, 20 kantong plastik atau dua kilogram kardus langsung mendapatkan hadiah berupa satu tumbler atau satu merchandise menarik lainnya. “Bisa disedekahkan ataupun ditukarkan dengan tumbler dan lainnya,” ujarnya, Jumat (2/8/2019).

Dalam memeriahkan Festival Cisadane 2019, DLH Kota Tangerang menggelar berbagai kegiatan yang menarik. Salah satunya, sedekah sampah untuk pendidikan.

“Berbagai kegiatan dan lomba dihadirkan di stan DLH diantaranya lomba selfie, penampilan komunitas reptile, komunitas pendaki, komunitas pecinta lingkungan, lomba selfie sampai dengan sedekah sampah untuk pendidikan. Khusus sedekah sampah, yang terkumpul akan disumbangkan bagi masyarakat yang membutuhkan atau anak putus sekolah melalui Baznas Kota Tangerang,” kata Buceu.

Ia megatakan, kehadiran stan DLH di Festival Cisadane menjadi sarana edukasi pentingnya menjaga lingkungan bagi masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pemilahan sampah. “Kami juga sediakan Dropbox khusus botol plastik, Dropbox barang elektronik bekas dan edukasi kebersihan lainnya,” katanya. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here