Dewan Terpilih Harus Tepati Janji

PANDEGLANG, (KB).- Sejumlah organisasi kemahasiswaan dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Pandeglang, Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) Pandeglang, dan Keluarga Mahasiswa Pandeglang (Kumandang).

Mendesak agar dewan terpilih merealisasikan janjinya saat kampanye lalu. Seperti dikatakan oleh Ketua HMI Cabang Pandeglang Fikri Anidzar Albar, untuk itu dia meminta agar anggota dewan yang dilantik harus merealisasikan janji-janji saat kampanye kepada rakyat dengan membuat kebijakan pro rakyat.

“Para anggota DPRD Kabupaten Pandeglang didorong untuk membenahi perekonomian, kesehatan serta pendidikan yang ada di Pandeglang yang belum optimal,” kata Fikri kepada Kabar Banten saat melakukan unjuk rasa di Tugu Jam Alun-alun Pandeglang, Senin (26/8/2019).

Menurut dia, pengawasan terhadap eksekutif harus berjalan sesuai dengan janji kampanye. Soalnya, dia menilai anggota DPRD lama memiliki kinerja yang kurang memuaskan.

“Dewan yang dilantik hari ini merupakan campuran antara wajah baru dengan wajah lama, atau dengan komposisi 50 persen wajah lama dan 50 persen wajah baru. Artinya, anggota dewan yang baru ini terkontiminasi dengan kinerja anggota yang lama. Jangan sampai kerja-kerja legislatif ini lemah,” tuturnya.

Ia mencontohkan, dengan beberapa rancangan peraturan daerah (Raperda) yang dikerjakan anggota dewan lama, tak kunjung selesai.

“Kebijakan yang kami anggap gagal ini, karena anggota DPRD sebelumnya ini gagal mengesahkan raperda tersebut. Bahkan ada raperda yang sampai dengan saat ini belum mendapatkan restu. Artinya, anggota legislatif ini lemah atau dibonsai atau dikuasai oleh eksekutif,” ujarnya.

Hal hampir senada dikatakan oleh Ketua GMNI Pandeglang Indra A. Patiwara. Ia menuturkan, dirinya menginginkan para legislator yang baru mampu mewujudkan janji politiknya. Bahkan, ia mendorong agar mereka (dewan) bisa membuat kebijakan yang betul-betul pro rakyat.

“Kita ingin anggota dewan yang baru ini bisa merealisasikan janji-janjinya politik lima tahun ke depan. Artinya, kebijakan-kebijakan atau perda-perda yang mereka buat itu bisa pro rakyat,” tutur Ketua GMNI Pandeglang. (Ade Taufik/IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here