Selasa, 11 Desember 2018

Dewan Soroti Masalah Sampah di Kota Cilegon

CILEGON, (KB).- Masalah sampah di Kota Cilegon mendapat sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) setempat. Para wakil rakyat daerah tersebut menyarankan penanganan sampah harus dilakukan secara terpadu oleh pemerintah dan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon, Erick Rebiin mengatakan, salah satu penyebab banjir di Kota Cilegon salah satunya banyaknya sampah yang dibuang secara sembarangan oleh masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon harus terus-menerus mengampanyekan kebersihan lingkungan.

“Masalah sampah harus ditangani secara terpadu oleh OPD terkait dan masyarakat. Masyarakat ini sebagai pemangku kebijakannya adalah kecamatan dan kelurahan,” katanya kepada Kabar Banten, Rabu (14/11/2018).

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut menuturkan, banyak melihat sampah yang tidak pada tempatnya, seperti di sisi-sisi jalan dan lahan kosong. Bahkan, tak sedikit ditemukan tempat pembuangan sampah dadakan. “Hal ini menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi kami semua,” ujarnya.

Selama ini, penangananan sampah dengan personel terbatas dan jumlah armada yang minim memang membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon cukup kewalahan. Meskipun menggunakan sistem sif, tidak akan mampu menyelesaikan sampah.

“Ajukan saja penambahan personel dan unit armadanya, sehingga bisa dilakukan penanganan secara cepat dalam pengambulan sampah,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan anggota DPRD Komisi II DPRD Kota Cilegon, Yusuf Amin. Menurut dia, permasalahan sampah memang cukup pelik. Masalahnya, tutur Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut, selain minimnya kesadaran masyarakat, juga belum adanya tempat pembuangan sampah secara regional, misalnya pengelolaan sampah per wilayah, itu bisa dilakukan sebelum dibawa ke tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) yang ada di Bagendung.

Ia mengatakan, penanganan sampah di Kota Cilegon bisa juga diserahkan kepada pihak ketiga, sehingga dalam proses penangananya bisa dilakukan dengan cepat.

“Sebetulnya ada banyak solusi dalam menangani sampah,tinggal eksekutif seperti apa solusinya dan kalau untuk kemaslahatan tentunya sebagai anggota dewan kami mendukung,” tuturnya. Apalagi, kata dia, saat ini sampah sudah menjadi urusan global dan Cilegon harus mempunyai rencana untuk pengelolaan sampah. Baik itu dengan pengurus bank sampah atau dengan yang lainnya. (HS)*


Sekilas Info

Jelang Pemilihan Calon Wakil Wali Kota Cilegon, PKS Lirik Reno

CILEGON, (KB).- Peta politik pada konstelasi pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon kini telah berubah. Tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *