Selasa, 20 Februari 2018

Dewan Nilai SE Mendagri untuk Efisiensi Anggaran

CILEGON, (KB).- Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo No. 905/4723/SJ tentang Penyesuaian APBD Terhadap Pagu Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diterbitkan pada 9 Oktober 2017, ditanggapi serius anggota Komisi III DPRD Cilegon Rahmatulloh.

Politikus Partai Demokrat itu menilai, isi surat edaran tersebut lebih condong pada efisiensi dan penyesuaian penggunaan APBD Kota Cilegon terhadap DAU/DAK. Karena itu, kata dia, SE tersebut perlu segera dipelajari terkait apa saja yang menjadi poin penting. “Contohnya pada penghematan dan penundaan pembangunan gedung, rapat dan perjalanan dinas ke luar kota, atau penyertaan modal. Ini jangan sampai mengganggu rencana pembangunan yang sudah disusun Pemkot, sesuai RPJMD,” katanya.

Seperti diketahui dalam SE tersebut, Mendagri mengingatkan Pemkot dan DPRD Kota Cilegon tentang tata kelola dana bantuan pemerintah pusat. Salah satu dalam klausul surat edaran, Mendagri menyikapi penurunan alokasi DAU 2017. Ia meminta Pemkot melakukan penghematan belanja, namun tetap memerhatikan kepentingan masyarakat.

Mendagri menyarankan dilakukan pengurangan kuantitas atau volume pekerjaan jika Pemkot tidak bisa melakukan penurunan alokasi anggaran belanja. Selain itu juga melakukan rasionalisasi pada belanja operasional berupa belanja perjalanan dinas, paket rapat, hingga menunda pembangunan gedung kantor dan pengadaan kendaraan dinas.

Menurut Rahmatulloh, surat edaran dilayangkan untuk diperhatikan. Ini agar anggaran belanja bisa terencana dengan baik, untuk kepentingan masyarakat. “Bagaimana pun, ini perlu disikapi dengan baik, agar outputnya bisa dinikmati masyarakat dan bukan kepentingan segelintir orang saja. Bisa pula dilakukan penghematan dengan tidak mengurangi pos belanja pada OPD yang lain,” ujarnya. Program Pemkot jika tidak terencana, tutur dia, akan berdampak buruk. Ia mencontohkan proyek JLU dan kawasan pertanian terpadu yang gagal karena perencanaan yang buruk.(AH)***


Sekilas Info

Kader Golkar Cilegon: Iman Masih Ketua

CILEGON, (KB).-¬†Wakil Ketua I Bidang Hukum dan Hak ASasi Manusia (HAM) Nasir menegaskan, jika Ketua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *