Dewan Minta Provinsi Bangun BLK di Kabupaten Serang

SERANG, (KB).- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang Ahmad Zaeni meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk membantu pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Serang.

Hal tersebut, menurut dia, dilakukan selain karena adanya keterbatasan anggaran di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, juga kewenangan pengawasan tenaga kerja yang saat ini ada di pemprov.

Ia menuturkan, saat ini Pemkab Serang masih kekurangan anggaran untuk membangun BLK tersebut. Meskipun sudah ada lahan di Kecamatan Kragilan untuk dibangun BLK.

“Maka, kami minta kepada Pemerintah Provinsi Banten tolong kami bantu untuk menyiapkan balai latihan kerja, minimal di wilayah barat dan timur, untuk mengurangi angka pengangguran,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (18/11/2019).

Baca Juga : Terkendala Anggaran, Rencana Pembangunan BLK Kabupaten Serang Mandek

Politikus Golkar tersebut menuturkan, pengguna BLK tersebut, sebenarnya tugas bersama antara pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi. Namun, mengingat pengawasan ketenagakerjaan diambil alih provinsi, dia berharap, ada proaktif dari Pemprov Banten.

“Kalau kami misalkan bangun (BLK) dan sudah disiapkan, terus komunikasi dengan provinsi untuk mengurangi orang yang sudah dilatih itu bagaimana? Jadi, provinsi jangan cuma ngambil pengawasannya dan kegiatannya, tapi tidak dibarengi dengan koordinasi dengan daerah, kalau ada komunikasi perusahaan ini misalkan tenaga kerja lokalnya sekian, asing sekian, kan kami tahu,” tuturnya.

Hal tersebut, ucap dia, berbeda dengan sebelum pengawasan tersebut dialihkan ke provinsi. Saat itu ketika ada penerimaan karyawan perusahaan harus wajib lapor. Setelah wajib lapor dapat diketahui tenaga kerja skill dan nonskillnya berapa. “Ini kan skill dan nonskill bukan orang pribumi,” ujarnya.

Meski demikian, dia terus mendorong, agar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang melakukan komunikasi aktif dengan Pemprov Banten. Kemudian, dia juga meminta industri juga harus komunikasi dengan Disnakertrans Kabupaten Serang. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here