Dewan Minta Pemkot Cilegon Perbaiki Pengelolaan Aset

CILEGON, (KB).- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Hasbi meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memperbaiki pola pengelolaan aset. Hal tersebut dikataan Hasbi menanggapi banyaknya kendaraan dinas Pemkot Cilegon yang menunggak pajak.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah kendaraan dinas yang digunakan organisasi perngkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Cilegon menunggak pajak. Masalah tersebut diketahui, saat petugas Samsat melakukan pendataan kendaraan di Halaman Kantor Pemkot Cilegon.

“Pemkot harus memberikan teguran kepada pegawai menangani pemeliharaan dan merawat aset pemerintah tersebut,” katanya, Jumat (27/12/2019).

Sebab, menurut dia, masalah tersebut, terjadi akibat kelalaian pejabat yang mananganinya. Politikus Partai Gerindra tersebut menuturkan, biasanya pembayaran mobil dinas sudah terprogram dalam satu tahun.

Pejabat tersebut, seharusnya tahu kapan kendaraan dinas yang digunakanya harus membayar pajak. Kemudian, pemeliharaan dan perawatannya, sudah ada bagian masing-masing. Tetapi, kenapa permasalahan tersebut muncul tiap akhir tahun.

“Ini juga bagian mengingatkan dari Samsat, agar pengguna kendaraan terutama para kepala OPD jangan enak memakainya saja,” ucapnya.

Baca Juga : Mobil Dinas Nunggak Pajak

Pihaknya berharap, seluruh kendaraan dinas, agar tidak disalahgunakan. Apalagi, ujar dia, pernah melihat kendaraan dinas yang dibawa oleh salah satu OPD untuk keperluan yang bukan dinas.

Hal yang sama dikatakan anggota DPRD Kota Cilegon Ahmad Efendi. Politikus Partai Nasdem tersebut mengatakan, Pemkot harus bisa melakukan pengawasan secara ketat terhadap sejumlah aset kendaraan dinas. Langkah tersebut, perlu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan.

“Saya kira hal yang sangat sederhana sekali untuk menghilangkan lupa. Masing-masing di kantor OPD pasti ada kalender, tinggal cocokkan saja pada bulan apa mobil dinas yang digunakanya harus membayar pajak,” katanya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here