Dewan Minta Kasus CSR PT SGI Diselesaikan

CILEGON, (KB).- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon meminta masalah aliran dana corprorate social responsibility (CSR) yang diberikan PT Seven Gate Indonesia (SGI) kepada sejumlah pihak diselesaikan dengan bijak.

Seperti diketahui, penyaluran CSR dari perusahaan tersebut, sempat menimbulkan kegaduhan, karena dianggap tidak tepat sasaran.

Anggota DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidik mengimbau masyarakat Cilegon bijak dalam menyelesaikan persoalan tersebut, apalagi menyangkut tentang kebersamaan.

“Saya kira memang dalam menyelesaikan harus bijak, karena semua juga sama-sama ingin memajukan Kota Cilegon. Elemen masyarakat lainnya harus mengingat, bahwa kepentingan hajat hidup orang banyak harus diutamakan,” katanya.

Baca Juga : Masyarakat ‘Warnasari Bersatu’ Pertanyakan Dana CSR

Ia menuturkan, selama ini peran industri bersinergi dengan masyarakat cukup baik. Pemberian CSR tersebut, ujar dia, sudah sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, dia meminta, agar masyarakat Cilegon menyadari hal tersebut.

“Mari duduk bersama untuk mencari solusi, agar permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan,” ujarnya.

Konsep CSR, menurut dia, memperluas kewajiban perusahaan untuk peduli terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Hal tersebut, dapat dilakukan perusahaan melalui berbagai bentuk kegiatan yang idealnya cocok dengan strategi, seperti pemberdayaan ekonomi rakyat berupa membina usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah, penyediaan hingga pelayanan kesehatan dan pendidikan masyarakat, penyediaan sarana, dan prasarana umum.

Hal yang sama dikatakan anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Demokrat Ibrohim Aswadi. Menurut dia, pada prinsipnya CSR bertujuan, agar perusahaan dapat memberi kontribusi untuk kemajuan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Pelaku usaha melalui berbagai badan usaha yang berbadan hukum maupun yang bukan berbadan hukum diminta untuk bersama-sama dengan pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, sebab perusahaan juga secara etis moral dinilai memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat,” ucapnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here