Dewan Ingin Sekda Kabupaten Serang dari Internal

SERANG, (KB).- Komisi I DPRD Kabupaten Serang berharap, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang terpilih merupakan pejabat dari internal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang sudah paham wilayah. Sementara, sejak Jumat hingga hari keempat Senin (20-23/4/2018), pascadibukanya lelang jabatan oleh panitia seleksi sekda, masih sepi peminat.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang, Zaenal Abidin mengatakan, pihaknya berharap, sekda terpilih merupakan pejabat dari Pemkab Serang. “Mudah-mudahan sekda terpilih masih dari pejabat Pemkab Serang, tidak dari daerah lain, kan kalau dari Serang minimal dia kenal wilayah,” katanya kepada Kabar Banten, kemarin.

Ia yakin, Pemkab Serang memiliki pejabat eselon II yang kriterianya sesuai untuk menjadi sekda. “Kriteria itu pasti ada (di eselon II pemkab). Setiap ASN sama posisinya yang membedakan itu kesempatan yang gak diberikan. Eselon II sudah pasti ada , tidak perlu gali yang lain potensi yang ada saja. Semua punya potensi,” ujarnya.

Selain itu, ucap dia, karena sekda sebagai bendungan kepentingan DPRD dan pemkab, maka sekda harus bisa koordinasi dan komunikasi yang baik dengan DPRD serta bisa wakili kepentingan bupati wakil bupati. “Mudah-mudahan dengan dibukanya seleksi ini dapat sekda definitif yang cepat siap kerja. Para pejabat juga gak usah malu-malu untuk daftar dan berjuang, semua punya kesempatan yang sama, hasilnya serahkan ke Allah SWT,” tuturnya.

Belum ada pendaftar

Kepala Bidang Pengembangan Karier pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman menuturkan, hingga Senin (23/4/2018) belum ada calon sekda yang resmi mendaftar dan baru ada dua orang yang bertanya-tanya melalui sambungan telepon.

“Baru ada yang nanya-nanya saja lewat telepon, itu dua orang, seorang dari pemkab, seorang lagi dari provinsi, pertanyaannya yang belum diklatpim boleh gak daftar, kemudian yang dari provinsi itu eselon III bisa ikut seleksi atau tidak,” katanya.

Terkait eselon III boleh atau tidak ikut seleksi, ujar dia, di persyaratannya sudah jelas salah satunya harus yang sedang menduduki jabatan eselon II. Untuk pendaftaran seleksi, dia mengatakan, akan dibuka sampai Jumat (4/5/2018) pukul 16.30 WIB.

Ia mengungkapkan, untuk pendaftaran seleksi, prosesnya masih ditangani sekretariat panitia seleksi. “Setelah pendaftaran baru dilanjutkan oleh pansel, mereka yang merapatkan menyeleksi berkas, kemudian dimusyawarahkan oleh pansel mana yang memenuhi syarat dan tidak,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya juga akan mengingatkan kembali para eselon II Pemkab Serang, agar ikut mendaftar di seleksi tersebut. “Nanti diingatkan lagi oleh sekretaris pansel, kami akan woro-woro lagi. Kami positive thinking saja pasti ada yang daftar,” ucapnya. (YY)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here