Rabu, 22 Agustus 2018
Sejumlah perwakilan warga Desa Mekarjaya ketika diberikan penjelasan oleh pihak DPMD, Selasa (7/11/2017).*

Desak Percepatan PAW Kades, Warga Desa Mekarjaya Datangi DPMD

LEBAK, (KB).- Sedikitnya dua puluh orang warga perwakilan dari enam kampung yang ada di Desa Mekarjaya Kecamatan Cimarga, mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak, Selasa (7/11/2017).

Kedatangan perwakilan warga itu bertujuan untuk meminta penjelasan kepada pihak DPMD tentang terus tertundanya proses pemilihan kepala desa (Kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) di Desa Mekarjaya, hingga dua tahun. Komalasari, warga Kampung Luwuk mengaku sangat heran karena hingga saat ini wilayahnya masih dipimpin oleh kepala desa sementara (Pjs).

“Saya heran, kenapa sudah dua tahun ko kades kami masih Pjs bukan definitif. Bukannya kades Pjs hanya enam bulan masa jabatannya,” kata Komalasari. Senada dikatakan Wardiman, Sekretaris RT 09 Kp. Cibangkong. Dirinya mengaku selalu didatangi warga dan mempertanyakan kapan ada pemilihan Kepala Desa Mekarjaya yang definitif.

“Saya hampir setiap hari didatangi warga yang mempertanyakan hal tersebut. Otomatis dong saya bingung menjawabnya, karena sepengetahuan saya, kades Pjs hingga kini belum mengalokasikan dana untuk PAW dari dana desa, dan ini juga menjadi pertanyaan besar kenapa kades Pjs tidak mengalokasikannya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Lingga Segara menjelaskan, surat permohonan yang ditunjukkan kepada bupati belum ada disposisi atau instruksi untuk mengevaluasi kepada pihaknya. “Banyak faktor mengapa ajuan masyarakat Desa Mekarjaya untuk dilakukan PAW Kades hingga kini belum bisa dilaksanakan.

Salah satunya anggaran yang menjadi kendala dan akan dilaksanakannya pemilihan bupati/wakil bupati di tahun 2018. Dan biasanya ada surat edaran jika menghadapi pilkada, Pilkades itu ditunda dulu. Lingga menambahkan, terkait aturan yang menjelaskan bahwa masa jabatan Pjs kepala desa hanya selama enam bulan, itu terdapat pada aturan lama, yang sekarang sudah diubah dalam UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Dulu memang benar, masa jabatan kepala desa sementara (Pjs) hanya enam bulan. Namun setelah diubah dalam UU No.6 Tahun 2014, masa jabatan kepala desa sementara menjadi sampai waktu PAW, dan PAW itu silakan dimusyawarahkan dengan semua unsur termasuk BPD,” ujarnya. (Lugay/Job)***


Sekilas Info

Tujuh SMPN Terapkan Lima Hari Sekolah

LEBAK, (KB).- Tujuh SMPN yang tersebar di Kabupaten Lebak pada tahun pelajaran 2018-2019 menerapkan pelaksanaan lima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *