Jumat, 21 September 2018

Menelusuri Pantai Sawarna: Desa Sawarna Miliki Empat Goa

SELAIN memiliki keindahan wisata pantai yang hampir terbentang disepanjang desa. Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak juga memiliki goa yang tidak kalah menarik dari wisata pantai. Goa-goa ini berjejer di Pantai Goa Langir, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Meski sudah menikmati indahnya pantai di malam hari, Ahad (14/5/2017), wartawan merasa masih belum puas menjelajahi Desa Sawarna. Hari itu, sebelum bergegas pulang, wartawan diajak salah seorang warga, Dani untuk mengunjungi objek wisata goa di Pantai Goa Langir tersebut.

Merasa penasaran, wartawanpun memutuskan menerima tawaran pria berperawakan kurus ini. Dari tempat penginapan, goa ini berjarak kurang lebih 100 meter, tempatnya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Sampai ke pintu masuk Pantai Goa Langir, mula-mula wartawan disambut oleh penjaga. Masuk lebih dalam, wartawan berjalan di antara tebing yang diselimuti hijau pepohohan, di bawahnya inilah berjejer goa-goa, jumlahnya ada empat. Namanya sendiri ada Goa Langir, Goa Harta Karun, Goa Seribu Candi, dan Goa Kanekes. “Goanya ada empat, bisa masuk kok, asal dianter,” kata Dani waktu itu.

anak tangga dari batu karang

Untuk Goa Langir, Goa Kanekes dan Goa Harta Karun berada di bawah tebing, sementara Goa Seribu Candi berada di atas ketinggian sehingga untuk masuk ke goa ini, wisatawan harus menaiki anak tangga dari batu karang yang sengaja disediakan untuk wisatawan. Saat itu, wartawan memilih Goa Harta Karun untuk dijelajahi. Goa ini berada di bawah tebing, mulutnya diselimuti dedaunan rumput dan pohon. Masuk ke mulut goa, keheningan dan kesunyian mulai terasa, semakin jauh masuk ke dalam goa yang terlihat hanya bebatuan.”Kalau kedalamnya sendiri kurang tau berapa, tapi mau masuk silakan aja tapi jangan jauh-jauh,” ujarnya.

Di dalam goa juga terdengar gemerincik air yang jatuh ditengah sunyi dan keheningan. Selang 15 menit berada di dalam, tidak terasa haripun sudah siang. Merasa sudah cukup, wartawan bergegas keluar goa dan siap menelurusi objek lain yang juga tidak kalah menarik di desa sawarna. “Nanti kita lihat yang selancar di Tanjung Layar, mumpung di sini jangan buru-buru pulang,” ucapnya. (Sutisna/Job)***


Sekilas Info

Kampung Warna Warni di Kabupaten Lebak

Di Kabupaten Lebak, tepatnya di Kampung Salahaur, RT 06/10, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkabitung terdapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *