Desa Muruy Kaya Potensi Wisata Kesultanan

PANDEGLANG, (KB).- Desa Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang merupakan desa yang memiliki banyak potensi, salah satu potensi di sektor pariwisata. Di desa tersebut ada wisata batu tulis yang se&ap pekan banyak dikunjungi wisatawan. Hal itu terungkap dalam ekspos Kepala Desa Muruy, Kecamatan Menes Ahmad Afandi, di hadapan &m penilai lomba desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Rabu (10/5/2017).

Dalam penilaian lomba bidang administrasi desa, tata kelola insfratruktur pembangunan, pendidikan,kesehatan, Tp-PKK, Karang Taruna, LPM, BPD dan Kaur Pemerintahan.Kepala Desa Muruy, Kecamatan Menes Ahmad Afandi mengatakan, wilayahnya terdapat peninggalan sejarah yaitu batu tulis. Untuk itu, dia menata secara maksimal agar potensi wisata tersebut bisa digali secara op&mal.”Di wilayah kami ada batu tulis yang bertuliskan kaligra4 bahasa Arab, dan itu diprediksi peninggalanzaman kesultanan Banten yang harus masuk dalam benda cagar budaya. Untuk itu, potensi tersebut harus bisa kita op&malkan,” kata Afandi, Jumat (12/5/2017).

Selain itu, kata Afandi, kondisi sosial di wilayahnya masyarakatnya heterogen, karena Desa Muruy memiliki beberapa suku. Di antaranya suku sunda sebagai penghuni terbesar di wilayahnya, suku ambon, suku betawi dan keturunan cina.”Kami &dak pernah membeda-bedakan yang &nggal di wilayah Desa Muruy, karena semuanya sama. Seper& adanya kegiatan dalam menjalankan pekerjaan selalu bergotong royong, baik milik umum maupun pribadi,” ucapnya.

Sementara itu untuk jumlah penduduk Desa Muruy sebanyak 2.673 jiwa di bulan Mei 2017 ini dan memiliki mata pencaharian yang berbeda-beda yakni petani, ASN , perajin, pedagang, penjahit, tukang batu, tukang kayu bangunan, peternak, tukang aspal, mon&r, guru honor, sopir/tukang ojeg, TNI/Polri, pengusaha, karyawan swasta dan ibu rumah tangga. “Ini gambaran tentang penduduk yangberada di Desa Muruy, untuk mewujudkan peran aktif masyarakat agar senantiasa memiliki dan turutserta bertanggung jawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga,” tuturnya.Sementara itu Kepala Bidang Kelembagaan DPMPD Pandeglang, Suhaerudin mengatakan, pihaknya akan langsung menilai administrasi untuk masing-masing kaur pemerintahan desa.”Kami sebagai tim penilaian lomba desa dari DPMPD Pandeglang, dan kami nilai semua administrasi yang ada di Desa Muruy. Mulai dari administrasi desa dan yang lainnya,” katanya.

Camat Menes, Suparta Wijaya mengatakan, dengan adanya lomba desa tersebut diharapkan menjadimotivasi bagi semua desa dalam mengelola desanya. Sebab, dalam perlombaan desa itu penilaiannya dari berbagai bidang. Sementara itu Ondi, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan
Menes mengatakan, dari hasil pengawasan pihaknya diketahui Desa Muruy cukup baik dalam melakukan administrasinya desa. (H-50)**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here