Sabtu, 17 November 2018

Desa Langensari Kelola Curug Corogol

PANDEGLANG, (KB).- Pemerintahan Desa Langensari Kecamatan Saketi mulai mengelola dan mengembangkan potensi wisata desa, salah satunya Curug Corogol. Aparat dan masyarakat Desa Langensari berharap wisata curug tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi, lokasi curug tersebut sangat dekat dengan permukiman penduduk.

Kepala Desa Langensari, Kecamatan Saketi, Restu Sugrining Umam mengatakan, sudah hampir sepuluhan tahun lebih curug tersebut belum tersentuh pengembangan secara optimal. Untuk itu, dia bersama perangkat desa dan masyarakat mulai berinovasi untuk menata curug tersebut menjadi ikon wisata desa.

“Kita optimistis, curug dengan panorama indah memiliki ketinggian sepuluh meter itu bisa menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi, akses jalan menuju curuk bisa dilintasi kendaraan dan jaraknya tak jauh dari rumah penduduk,” kata Kades Langensari Kecamatan Saketi, Restu kepada Kabar Banten, Kamis (18/10/2018).

Selain potensi wisata curug, lanjut Restu, desanya punya wisata pemandangan alam yang indah berupa hamparan bukit yang layak dijadikan destinasi wisata alam. “Langensari punya lokasi hamparan bukit yang bisa dijadikan potensi wisata dan ini bisa menjadi wisata alternatif selain curug,” ujarnya.

Ia mengatakan, upaya memajukan desa tidak sekadar bidang pariwisata, namun masyarakatnya sudah banyak mengembangkan kerajinan tangan berbentuk piring lidi. Hasil karya warga ini mulai banyak permintaan dari konsumen.

“Iya, kita kembangkan kerajinan tangan hasil karya masyarakat, seperti piring lidi. Sektor kerajinan ini bisa menjadi wirausaha ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Langensari, Kecamatan Saketi, Yayat, menyambut baik rencana pengembangan wisata dan kerajinan piring lidi. Ia berharap potensi tersebut bisa menambah pemasukan desa juga meningkatkan perekonomian warga.

“Pasti, kalau semuanya sudah berjalan masyarakat bisa menikmati hasilnya. Kalau sudah ramai peminatnya, desa ini bisa maju karena mampu mengelola potensi alam,” tuturnya. (IF)*


Sekilas Info

Destinasi Wisata di Provinsi Banten untuk Liburan Akhir Tahun

BINGUNG liburan akhir tahun nanti pergi berwisata kemana? Nah, bagi anda yang masih bingung, yuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *