Desa Cikolelet Raih Penghargaan Desa Inovatif

Puncak Cibaja di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.*

SERANG, (KB).- Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI memberikan penghargaan kepada Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka sebagai salah satu desa inovatif. Desa yang punya keindahan alam dan berada di jalur wisata tersebut dinilai sukses mengembangkan sektor pariwisatanya dan menjalankan program sesuai Indeks Desa Membangun (IDM).

Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat mengatakan, Desa Cikolelet mendapatkan penghargaan salah satu desa inovatif yang menjalankan program-program sesuai dengan IDM. Salah satunya, melalui pengembangan pariwisata yang mengandalkan potensi alam di Desa Cikolelet. “Alhamdulillah, penghargaan ini berkat kerja keras kita semua termasuk dukungan dari pemerintah daerah,” ujarnya, Ahad (2/12/2018).

Ojat mengatakan, penghargaan yang diraih diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk terus melakukan inovasi membangun desa. Selain itu, dapat mendorong semangat bagi masyarakat Desa Cikolelet dalam membangun desanya. “Terutama di bidang pariwisata,” katanya.

Desa Cikolelet menjadi satu-satunya desa yang mendapatkan penghargaan desa inovatif asal Kabupaten Serang bersama 20 desa lainnya se-Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan pada kegiatan Simposium Desa Menjemput Asa dan Deklarasi Program Literasi Desa, Deklarasi Program Desa Bebas Narkoba, dan Peluncuran Majalah Wanua di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto mengatakan, penghargaan yang diraih Desa Cikolelet merupakan hasil kerja keras pemerintah desa dalam berinovasi. “Desa Cikolelet ini kan salah satu desa yang berinovasi dalam mengembangkan pariwisata,” ujarnya.

Ia berharap desa lainnya dapat mencontoh Cikolelet dan terus berinovasi dengan mengembangkan potensi daerahnya masing-masing. “Saya rasa banyak potensi yang perlu dikembangkan oleh pemerintah desa. Selain pariwisata, ada juga pengembangan usaha melalui BUMDes,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here