Derita Retina Blastoma, Hisyam Butuh Bantuan

Hisyam, bocah berusia 2 tahun warga Desa Waringin Jaya, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, menderita retina blastoma dan mengalami pembengkakkan pada mata sebelah kanan. Namun, saat ini bocah tersebut sedang dalam penanganan salah satu lembaga sosial kemanusiaan Respect Peduli Jakarta.

Kedua orangtua Hisyam tersebut tidak mampu membiayai pengobatan Hisyam. Sang ayah yang hanya berprofesi sebagai tukang kuli bangunan, sementara kedua orangtua Hisyam telah menghabiskan semua yang dimilikinya demi mengobati Hisyam. Akan tetapi, karena terbatas masalah ekonomi, Hisyam hanya mengandalkan uluran tangan dari berbagai dermawan saja.

Seorang relawan Respect Peduli, Anggi Fadli Fani mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi Hisyam dari seorang dokter yang merawatnya saat di RSCM. Oleh karenanya, ia merasa terketuk untuk merawat sementara di rumah singgah Respect Peduli.

”Iya betul, kami saat ini sedang merawat Hisyam. Kedua orangtuanya juga sedang di sini. Kalau kami hanya berupaya membantu mengumpulkan donasi dari berbagai dermawan. Sementara untuk kedua orangtua Hisyam hanya memikirkan biaya keluarga di rumah saja,” kata Fani kepada Kabar Banten saat dihubungi melalui telepon selular, Jumat (9/8/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani menuturkan, bocah yang mengidap penyakit retina blosoma tersebut sudah ditangani oleh pihak Dinas kesehatan.

”Sudah ditindaklanjuti dan sedang dibantu. Sehubungan domisilinya sekarang di wilayah Kecamatan Cigeulis sesuai dengan kartu keluarga (KK), tetapi KTP-nya masih alamat wilayah Kecamatan Cikedal. Kami sudah mendatangi keluarganya yang di Cikedal. Memang menurut saudaranya yang bersangkutan sudah pindah domisili ke Cigeulis,” ucapnya.

Ia mengatakan, Kades Karya Utama Kecamatan Cikedal sudah berkoordinasi dengan Kades Waringin Jaya, Kecamatan Cigeulis untuk membantu memproses pembuatan kartu BPJS. Pihaknya sudah melakukan konfirmasi ulang, informasinya sedang diupayakan.

”Tanggal 29 Juni PKM Cigeulis melalui Bidan Eris yang kebetulan ada kaitan saudara, kami bantu pengurusan BPJS-nya dan sedang menunggu aktivasi. Pasien dan keluarga sekarang di rumah singgah menunggu jadwal CT scan dan kemo yang dijadwalkan tanggal 23 Agustus. Menurut informasi, sementara ini biaya dibantu oleh yayasan kanker,” ujarnya. (Ade Taufik/Iman Fathurohman)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here