Sabtu, 15 Desember 2018

Demo di Bawaslu Pandeglang, Bappedas: Tindak ASN Berpolitik Praktis

PANDEGLANG, (KB).- Massa yang tergabung dalam Barisan Pemuda Penggiat Demokrasi dan Anti Korupsi (Bappedas) Banten menggelar demo di halaman Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Kamis (6/12/2018).

Massa menuntut Bawaslu agar bersikap tegas menindak setiap aparatur sipil negara (ASN) yang berpolitik praktis dalam pemilu legislatif maupun pilpres. Aksi tersebut juga menyuarakan dugaan ASN terlibat dalam partai politik.

Koordinator lapangan (korlap) Bappedas Banten, Matin Alwadud mengatakan, Bawaslu harus responsif dan tegas dalam menegakkan aturan, khususnya menindak oknum ASN yang diduga terlibat dalam politik praktis.

“Bawaslu Pandeglang harus bersikap responsif dan cerdas juga berlaku tegas terhadap ASN yang diduga terlibat politik praktis. Kami juga mendesak kepada Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) agar segera meninjau ulang soal rotasi mutasi, kepala sekolah yang diselenggarakan pada 9 November 2018. Sebab, agenda mutasi itu diduga bermuatan kepentingan politik suksesi Pileg 2019,” kata Matin Alwadud seusai unjuk rasa di halaman Kantor Bawaslu Pandeglang.

Ia mengatakan, rotasi maupun mutasi kepala sekolah tersebut tidak elok, karena ditumpangi kepentingan politik praktis. ”ASN dilarang melakukan perbuatan mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis/berafiliasi dengan partai politik,” tuturnya.

Baca Juga: ASN Kampanyekan Caleg DPR RI, HMI Desak Bawaslu Tegas

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, pihaknya menghargai aspirasi yang disampaikan para mahasiswa, sehingga bisa menjadi masukan Bawaslu untuk bekerja lebih maksimal sesuai aturan yang berlaku.

Menurut Ade, Bawaslu telah melaksanakan tugas pengawasan pemilu sesuai aturan dan mekanisme berlaku. Soal laporan dugaan keterlibatan ASN dalam kampanye terhadap salah satu calon legislatif sudah dimintai keterangan. Dugaan keterlibatan ASN sedang dikaji oleh Bawaslu.

“Saya sedang di Jakarta, tidak melihat langsung unjuk rasa, tapi intinya kita menghargai apapun aspirasi yang disampaikan teman-teman mahasiswa. Bawaslu akan berupaya optimal untuk bekerja profesional sesuai aturan,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*


Sekilas Info

Irna Narulita Kampanyekan Magrib Mengaji

PANDEGLANG, (KB).- Rongrongan yang datang saat ini bukan lagi dalam bentuk perang, namun lebih kedalam idiologi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *