Delapan Rumah Di Sawah Luhur Tersapu Puting Beliung

Ketua PMI Kota Serang, Ade Rosi Khairunnisa saat mengunjungi korban bencana puting beliung di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Senin (4/12/2017). *

SERANG, (KB).- Sebanyak 8 rumah warga di Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, tersapu angin puting beliung, Jumat (1/12/2017) malam. Kejadian tersebut terjadi di 3 kampung yaitu Kampung Jamblang, Cangkring dan Ciranjang. Saat itu, hujan deras yang disertai angin kencang dan kemudian meruntuhkan bangunan rumah milik warga.

Kejadian tersebut dialami salah satu pasangan suami istri yaitu Suherman dan Kamelia yang tinggal di Kampung Jamblang RT/RW 06/07, Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. “Sehabis magrib tiba-tiba ada angin kencang. Rumah kami tertimpa bangunan rumah tetangga yang ada di samping. Reruntuhannya menimpa dapur, kamar mandi dan kamar,” kata Suherman saat ditemui Kabar Banten, Senin (4/12/2017).

Setelah itu, ia bersama anak dan suaminya langsung beranjak keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Cuaca ekstrim tersebut, akhirnya menghancurkan sebagian rumah Suherman serta beberapa rumah lainnya di Kelurahan Sawah Luhur.

Sementara, Ketua RT setempat, Safari mengatakan, pihaknya langsung melaporkan ke petugas BPBD Kota Serang dan PMI Kota Serang yang tinggal di Kecamatan Kasemen. “Tidak ada korban dari musibah ini, tapi ada 2 rumah yang tersapu angin putting beliung dan langsung menyelamatkan diri,” ucapnya.

Tidak hanya itu, staf Kelurahan Sawah Luhur, Suhroni menuturkan, terdapat 8 rumah yang terkena dampak putting beliung yaitu di Kampung Jamblang 4 rumah, Kampung Cangkring 2 rumah dan Kampung Ciranjang 2 rumah. “Tim dari BPBD Kota Serang langsung memberikan bantuan. Selain itu, bantuan pun datang dari Dinsos Kota Serang serta PMI Kota Serang. Paling parah, ada di Kampung Jamblang karena sebagian rumah benar-benar tersapu angin putting beliung tersebut,” ujarnya.

Namun setelah musibah tersebut, saat ini sebagian rumah warga telah diperbaiki. Meskipun dengan kondisi pembenahan yang seadaannya, namun pemerintah akan menetapkan rumah-rumah tersebut menjadi bagian dari RTLH yang nantinya akan mendapat anggaran untuk diperbaiki lebih baik lagi.

Ketua PMI Kota Serang, Adde Rosi Khoerunnisa menjelaskan, dalam hal ini PMI ikut membantu warga yang terkena bencana. Pihaknya juga membantu mengajukan bantuan untuk Program Rutilahu warga yang dimiliki Dinas Perkim Kota Serang. “Perbaikan sudah diajukan dan saat ini sedang di proses, mereka harus segera mendapatkan bantuan sebagai masyarakat Kota Serang, karena melihat kondisi cuaca saat ini memungkinkan terjadi lagi hal serupa,” ucapnya. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here