Delapan Produk UKM Kabupaten Lebak Masuk Pasar Modern

LEBAK, (KB).- Delapan produk usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Lebak, tahun ini diproyeksikan menembus pasar modern. Produk itu juga sudah merambah pasar di dalam maupun luar daerah.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Lebak Babay Imroni mengatakan, saat ini sudah ada enam produk yang berhasil masuk ke pasar modern, baik di dalam maupun luar daerah. Produk itu antara lain emping melinjo, pisang, gula dan kopi.

”Kalau jumlah keseluruhan ada 60 produk, tetapi dilihat dari turunannya hanya 6 produk,” katanya, Jumat (21/2/2020).

Untuk tahun ini, ada 8 produk lainnya yang disiapkan untuk masuk ke pasar modern. Delapan produk itu dari berbagai turunan. Di antaranya dari paria, kentang, termasuk dari kopi.

“Karena ini turunannya memang banyak dan sudah kami siapkan sudah kemas. Izin lisensinya sudah kami buat,” ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini tinggal akses yang akan memajukan ke sana, apa melalui koperasi (Dinas) atau melalui UMKM langsung. Karena sistem kerja sama dengan pasar modern ada lembaga khusus yang bisa menangani itu, seperti dengan Indomaret itu dengan koperasi.

”Kalau dengan Alfamart belum. Karena belum dikemas dari mereka belum menunjuk, apakah mau koperasi atau perseorangannya? Tapi kami sudah siapkan produk-produknya, tinggal item apa saja yang dimohon mereka,” tutur Babay menambahkan. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here