Dayung Internasional Perahu Naga 2018, Pedayung Banten Raih Emas

SERANG, (KB).- Atlet dayung Banten berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Alasannya, dua pedayung Banten, Since Lithasova Yom dan Fajar berhasil menyabet medali emas dalam Kejuaraan Dayung Internasional Perahu Naga 2018 di Cina untuk nomor beregu.

Pelatih Pelatda Jangka Panjang (PJP) Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Ahmad Yaman kejuaraan tersebut digelar pada Rabu hingga Senin (14-19/11/2018). “Alhamdulillah, atlet dayung kami atas nama Fajar dan Since berhasil medali emas di Cina. Mereka baru saja pulang belum lama ini,” katanya, Kamis (22/11/2018).

Ia menuturkan, keberhasilan dua pedayung Banten tersebut, merupakan hasil kerja keras dan kesungguhan dalam berlatih. Sebab, tanpa kerja keras prestasi tidak mungkin dapat diraih. “Tentu berkat latihan dan kerja keras atlet kami bisa berprestasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Since dan Fajar sudah masuk program Pelatda Jangka Panjang (PJP) KONI Banten. Keduanya merupakan atlet potensial yang dimiliki Banten dan Indonesia. Keberhasilan keduanya berprestasi di kancah internasional tentu membanggakan nama Banten dan Indonesia. “Tentu bangga dengan capaian keduanya,” tuturnya.

Ia mengatakan, selain berprestasi di kancah internasional, prestasi atlet dayung Banten di kancah nasional juga sudah tidak diragukan. Pada kejuaraan nasional (Kejurnas) 2018 yang berlangsung di Palembang, atlet yang diturunkan berhasil medali.

“Atlet kami, yaitu Arifal pada Kejurnas Dayung di Jakabaring, Palembang dapat dua keping medali perak di nomor kayak slalom dan kano slalom. Kemudian, prestasi juga ditorehkan oleh Fajar dan Arif di nomor kayak double,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada empat atlet yang sudah masuk PJP. Keempatnya biasa berlatih di dua lokasi, yakni Cipondoh, Tangerang, dan Jatiluhur, Jawa Barat. “Saat ini berlatih di Jatiluhur. Kalau saya sih kepengennya di Jatiluhur terus, karena tempat latihannya lebih representatif. Saya terus memantau perkembangan latihan atlet. PJP ini manfaatnya sangat banyak,” katanya. (FI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here