Daur Ulang Sampah Plastik Bernilai Ekonomis

Wahana Mulya Utama (WMU) Group Cilegon mengadakan workshop ‘Merajut dengan bahan baku sampah plastik kresek’, di Krakatau Sport Club Jl. KH Yasin Beji, Komplek Krakatau Steel, Kebondalem, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Ahad (26/5/2019).

Kegiatan tersebut, mendapatkan antusiasme para peserta yang diantaranya dari ibu-ibu forum merajut, relawan Palang Merah Indonesia (PMI), Srikandi Pemuda Pancasila (PP), Forum Dasawisma dan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Seperti yang diketahui, saat ini pemerintah, baik pusat maupun daerah telah membatasi pemakaian kantong plastik untuk mengurangi sampah plastik. Oleh sebab itulah, sebagian daerah, termasuk Kota Cilegon membatasi pemakaian plastik kresek.

Bahkan sebagian minimarket dan supermarket di wilayah Kota Serang dan Cilegon sudah menerapkannya, dengan menjual kantong plastik dan menyediakan paper bag untuk para konsumennya belanja.

Inisiator sekaligus Penggiat serta Pemerhati Pemanfaatan Sampah Plastik Kota Cilegon Wawan Mulyana mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memanfaatkan sampah kantong plastik bekas menjadi barang yang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

Selain bermanfaat, pengolahan sampah kantong plastik ini bisa menjadi barang dengan nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Sehingga dapat menambah sumber penghasilan bagi masyarakat setempat, khususnya ibu rumah tangga.

“Ini bertujuan untuk memanfaatkan sampah kantong plastik bekas menjadi barang yang bermanfaat, bernilai, dan berhasil guna. Sehingga bisa juga dijadikan inisiasi pengolahan sampah plastik yang berkelanjutan. Ini juga bisa membantu para remaja putri dan ibu-ibu dalam menambah sumber penghasilannya,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak. Sehingga sampah plastik yang mencemari lingkungan dapat berkurang. “Semoga bisa menjadi inisiasi pengolahan sampah plastik yang berkelanjutan,” ujar Wawan. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here