Datangi Pemkot Cilegon, FSBKS Sampaikan Surat Penolakan Restrukturisasi PT KS

CILEGON, (KB).- Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Krakatau Steel (FSBKS) mendatangi Pemkot Cilegon untuk menyerahkan surat penolakan program restrukturisasi yang akan dilakukan oleh PT Krakatau Steel (KS), Rabu (24/7/2019).

Pantauan di lokasi, massa buruh yang memakai seragam biru putih mengenakan ikat merah putih datang sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka diterima Staf Ahli Wali Kota Cilegon Erwin Harahap.

Ketua FSBKS Sanudin mengatakan, kedatangan FSBKS ke Pemkot Cilegon hanya mengantarkan surat untuk menindaklanjuti surat yang dilayangkan pada Selasa (25/6/2019).

Selain itu, menanggapi sosialisasi restrukturisasi PT KS pada Jumat (19/7/2019). Sehubungan itu, pihaknya meminta, agar program restrukturisasi dikaji ulang, karena program tersebut, berpotensi mengabaikan kaidah-kaidah hukum yang berlaku.

“Sikap kami dalam pengambilan keputusan untuk menghentikan seluruh karyawan outsourcing tidak memberikan kesempatan kepada serikat buruh yang mewakilinya,” katanya.

Hal tersbeut, menurut dia, bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Pemutusan Hubungan Kerja dan keputusan Mahkamah Konstitusi tahun 2007 tentang Tanggung Jawab Pemberi Kerja.

Ia mengatakan, FSBKS selaku anak bangsa menganggap program restrukturisasi yang tujuannya mengalihkan kepemilikan pabrik secara tidak langsung telah mematikan poduksi hilir baja industri baja nasional.

Menurut dia, program restrukturisasi yang tujuannya mengalihkan kepemilikan (spin off) long product (BSP dan WRM) dan sedikit memiliki saham secara tidak langsung telah melepaskan tanggung jawabnya dalam ikut berpartisipasi pembangunan nasional yang sebagian besar menggunakan baja konstruksi.

“FSBKS menyayangkan program restrukturisasi PT KS yang akan merubah perusahaan baja terpadu, terbesar di Asia Tenggara menjadi perusahaan hilir yang hanya memproduksi baja lembaran panas dan baja lembaran dingin,” ujarnya.

FSBKS meragukan program restrukturisasi yang akan kembali membawa dampak kemajuan dan kejayaan PT KS.

“Atas dasar tersebut, kami berharap, agar bisa membuka forum dialog dan diskusi tentang program restrukturisasi secara komperhensif. Karena, program restrukturisasi tidak hanya masalah ketenagakerjaan, tapi juga menyangkut kejayaan PT KS sebagai aset nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Pemkot Cilegon Erwin Harahap menuturkan, akan menyampaikan surat tersebut kepada Wali Kota Cilegon.

“Saya tidak berani membuka dan isi suratnya juga seperti apa saya tidak tahu, karena tertera ditujukan kepada pak wali. Saya hanya sebatas menerima saja, kebetulan saat ini wali kota ada kegiatan kunjungan dari Lembaga Administrasi Negara,” tuturnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here