Minggu, 19 Agustus 2018

Datangi Balai Besar, Buruh Proyek Irigasi Ciliman Belum Dibayar

PANDEGLANG, (KB).- Puluhan buruh atau pekerja proyek Irigasi Induk Sungai Ciliman, Desa Bojen, Kecamatan Sobang mendatangi kantor Balai Besar Wilayah Sungai, Cidanau, Ciujung, dan Cidurian (BBWSC3) di Jalan Saruni, Pandeglang, Senin (15/1/2018). Mereka mengadukan soal upah proyek irigasi yang belum dibayar kontraktor PT Ajitama Mulya.

“Untuk total upah yang belum dibayar sekitar Rp 120 juta. Kontraktor hanya menjanjikan beberapa kali waktu untuk membayar. Tapi kenyataannya, sampai sekarang belum juga ada pembayaran. Padahal, pekerjaannya sudah selesai,” kata Maman, salah seorang perwakilan pekerja irigasi kepada Kabar Banten saat berada di Kantor BBWSC3.

Ia mengatakan, para pekerja sudah sangat kesal dengan janji manis pengusaha. Setiap kali ditagih, selalu tidak ada realisasi membayar upah pekerja. Para pekerja mengancam akan membongkar bangunan proyek, jika tidak ada niatan pengusaha untuk segera membayar upah tersebut.”Kami sudah tanyakan beberapa kali. Kalau upah kami tidak dibayar, kami terpaksa akan membongkar bangunan irigasi tersebut,” tuturnya.

Hal hampir senada dikatakan pekerja lainnya Kusnadi. Ia mengatakan, besaran upah yang harus dibayar pengusaha irigasi mencapai ratusan juta. Dia mengatakan, lambatnya pembayaran upah tersebut berdampak bagi kebutuhan ekonomi para pekerja. “Kali ini kami hanya datang puluhan. Padahal jumlah pekerja banyak. Kalau ditotal upah yang belum diterima seluruh pegawai mencapai Rp 120 juta. Rata-rata pekerja mendapatkan upah Rp 3-5 juta per orang,” ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi Sekunder BBWSC3 Pandeglang, Rudi Suherman membenarkan untuk pekerjaan Irigasi Induk Sungai Ciliman yang dikerjakan PT Ajitama Mulya sudah selesai bulan Desember.”Kalau anggaran proyeknya mencapai Rp 6 miliar. Pekerjaan dan pembayarannya juga sudah selesai. Kalau masalah upah pekerja bukan urusan kami, silakan tanyakan ke pengusaha,” tuturnya. (IF)***


Sekilas Info

PDAM Pandeglang Gebyar Program Subsidi  ‎

PANDEGLANG, (KB).- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang mulai membuka program subsidi pemasangan sambungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *