Data Penerima Hunian Tetap Korban Tsunami Diverifikasi Ulang

PANDEGLANG, (KB).- Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Pandeglang kembali melakukan verifikasi ulang, bagi calon penerima Hunian tetap (Huntap) korban tsunami di Desa Sukarame, Kecamatan Carita.

Kepala DPKPP Pandeglang Syarif Hidayat mengatakan, verifikasi tersebut atas permintaan warga. Karena, ada beberapa calon penerima huntap dianggap tidak terkena dampak dari bencana tsunami 22 Desember 2018 lalu.

“Kita Pemerintah daerah diminta masyarakat untuk mengecek kembali. Saya melihat (ke lapangan) untuk melakukan verifikasi ulang, agar tidak salah sasaran,” kata Syarif, di pendopo bupati, Kamis (22/8/2019).

Menurut Syarif, alasan belum memutuskan hasil verifikasi lapangannya tersebut, karena harus dilakukan rapat dengan pihak terkait. Sehingga, kata dia, ke depan tidak terjadi gejolak di masyarakat yang bisa menimbulkan kecemburuan sosial.

”Paling nanti kita ada rapat kecil dulu, baru bisa diputuskan. Akan tetapi, untuk usulan ke pusat sudah disampaikan,” ujarnya.

Syarif mengatakan, dengan adanya aduan masyarakat, kepala desa yang mendapatkan bantuan huntap tersebut belum bisa memutuskan. Karena hal tersebut harus dilakukan musyawarah dengan pihak terkait.

“Itu juga saya cek (rumah kepala desa), tapi itu tidak bisa diputuskan satu-satu. Kita gak bisa (sebut) layak atau tidak, karena ada tiga yang harus diputuskan, jadi sekaligus dipusatkan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Iing Andri Supriadi mengatakan, pihaknya mendesak agar DPKPP memprioritaskan kepada korban bencana tsunami terutama yang rumahnya mengalami kerusakan.

“Jadi mereka menemukan ada beberapa kejanggalan. Artinya, mereka yang sama-sama menjadi korban tapi tidak mendapatkan huntap, itu saja sebetulnya. Masa yang satu mendapatkan yang satu tidak, jadi tidak adanya keakuratan data yang menimbulkan kecemburuan sosial, ini tentu perlu mendapatkan penanganan serius,” ucapnya. (Ade Taufik/IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here