Danau Talanca Cilangkahan Mulai Bersolek

Selain keindahan wisata alam, wisata pantai, air terjun, wisata hutan, wisata sejarah situs Lebak Sibedug hingga keberadaan komunitas masyarakat Kesepuhan yang masing-masing memiliki daya pikat tersendiri, di wilayah Lebak Selatan juga terdapat danau talanca yang terbentuk sejak ratusan tahun lalu.

Danau seluas 20 hektare dengan bentang sepanjang 1, 5 kilometer (km) yang berlokasi di Kampong Talanca, Desa Cilanglahan, Kecamatan Malingping. Tak salah jika kemudian masyarakat menamai danau yang berjarak hanya sekitar 200 meter dari bibir pantai selatan dengan nama Danau Talanca.

Tidak ada data pasti tentang awal mula terbetuknya Danau Talanca tersebut. Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat sekitar, danau tersebut, telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Sumber air danau yang berasal dari beberapa sumber mata termasuk aliran air dari sungai Cilangkahan serta air dari muara yang merupakan pertemuan air dari beberapa sungai. Dengan adanya pasokan air dari berbagai sumber tersebut, debit air di Danau Talanca tak pernah surut atau mengalami kekeringan, meskipun saat kemarau panjang.

Danau Talanca yang selama ini seolah dibiarkan apa adanya, mulai ditata dan dikelola oleh para pemuda yang tergabung dalam Wadah Karang Taruna dan masyarakat setempat secara swadaya, hingga menjadi sebuah destinasi wisata yang menjanjikan.

Untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan menambah keindahan pesona Talanca, penglola menata kawasan sekitar danau, mulai dari pendirian gazebo, tempat duduk sederhana berbahan kayu, serta memajang berbagai kreasi seni berupa tulisan pada potongan kayu yang diberi aneka warna mencolok, yang kian menambah daya tarik dan keindahan pemandangan Danau Talanca.

Seorang Pengurus Karang Taruna Cilangkahan Udin Haerudin mengatakan, Danau Talanca memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan, karena selain areal danau yang sangat luas, lokasinya juga sangat strategis, karena terpadu dengan wisata pantai. Oleh karena itu, warga dan Karang Taruna mencoba memanfaatkan potensi wisata tersebut, dengan cara berswadaya, agar bias melakukan penataan sekadarnya

“Sayang sekali potensi danau yang memiliki keindahan panorama alamnya dibiarkan begitu saja, padahal objek wisata danau ini tak kalah bagus dengan wisata. Jika dikelola dengan baik, kami optimistis dapat menjadi salah destinasi wisata yang pada gilirannya dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat sekitar.

Menurut dia, hingga saat ini pengunjung bisa datang dan menikmati keindahan Danau Talanca dengan bebas tanpa harus mengeluarkan biaya, kecuali biaya penitipan kendaraan yang dijaga oleh anggota Karang Taruna atau sekadar uang kebersihan seikhlasnya.

“Mudah-mudahan ke depannya kawasan ini bisa ditata dan dikelola dengan baik dan bisa mengangkat perekonomian masyarakat sekitar dan berkontribusi pada desa,” ujarnya.

Sekretaris Desa Cilangkahan Muktarudin menyatakan, pihak desa mengapresiasi dan mendukung upaya yang telah dilakukan Karang Taruna, untuk mengelola wisata danau, sebagai bentuk bentuk kepedulian pada potensi wisata yang terkesan dibiarkan

“Kami mengapresiasi kreativitas pemuda yang memanfaatkan danau tersebut sebagai pilihan destinasi selain wisata pantai. Jika dikelola dengan maksimal termasuk penyediaan sarana pendukung, seperti taman bermain anak serta adanya perahu untuk mengitari danau, kami berkeyakinan Danau Talanca akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan,” katanya.

Ia menuturkan, upaya Pemerintah Desa Cilangkahan terkait keberadaan Danau Talanca baru sebatas merencanakan dalam dokumen RPJMDes, namun belum mampu untuk merealisasikan program pengembangan wisata, karena masih banyak program pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terutama dalam infrastruktur jalan lingkungan yang masih menjadi prioritas pembangunan.

“Kawasan Danau Talanca ini sangat refpresentatif untuk dikunjungi dan lokasinya juga sangat mudah dikunjungi, karena hanya berjarak sekitar 4 km dari Kota Malingping dari ruas Jalan Nasional Simpang Bayah. Saat tiba di lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam terbuka yang maha luas dengan danau yang di kelilingi aneka tanaman laut,” ucapnya. (Dini Hidayat)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here