Dana Pilkades di Kabupaten Serang Kurang Rp 6 Miliar

SERANG, (KB).- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Serang Tahun 2019 diperkirakan membutuhkan anggaran mencapai Rp 23 miliar. Namun, menurut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang dari kebutuhan tersebut, baru tersedia anggaran sebesar Rp 17 miliar atau masih kekurangan Rp 6 miliar.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudy Suhartanto mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk Pilkades Serentak 2019, diperkirakan senilai Rp 23 miliar. Namun, dari kebutuhan tersebut, saat ini baru ada senilai Rp 17 miliar.

“Sisa anggarannya di perubahan, kalau anggaran yang di perubahan itu ya yang bisa diselenggarakan di akhir, kalau yang di murni sudah disiapkan,” katanya kepada Kabar Banten saat ditemui di Pendopo Bupati Serang, Selasa (9/7/2019).

Ia mengungkapkan, jumlah desa yang akan melaksanakan pilkades di akhir 2019 ini ada sebanyak 153. Namun, selain dari jumlah tersebut, ada sebanyak 26 desa yang masa jabatannya habis di awal 2020. “Jadi, pertimbangannya nanti tergantung dari tim, apakah bisa dimajukan atau tidak bisa dimajukan (pilkades yang habis masa jabatan 2020),” ujarnya.

Disinggung terkait persiapan, saat ini, ucap dia, sudah memasuki tahap penyusunan draft SK tim panitia pilkades tingkat Kabupaten dan penyusunan draft tahapan pilkades yang di dalamnya ada penetapan hari. “Kalau draftnya sudah jadi, rencananya secepat mungkin saya mau mengundang panitia inti pilkades kabupaten, kami undang dulu untuk menyampaikan perencanaan program yang SK-SK itu, mereka ada ide atau enggak,” tuturnya.

Rudy mengatakan, dalam pelaksanaan pilkades nanti, ia juga memastikan akan lebih mendorong lagi para panitia Pilkades dan Panwas agar lebih maksimal untuk melakukan verifikasi berkas calon. “Di Perda dan Perbupnya (Pelaksanaan Pilkades tahun 2019-red) sama (dengan Pilkades sebelumnya), yang berbeda kalau dibacara syarat? itu calon kepala desa boleh dari warga manapun, tidak ada istilah domisili,” tuturnya.

Sementara, Asda I Setda Kabupaten Serang, Asep Saepudin Mustopa mengaku akan segera menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanaan Pilkades tersebut.? Namun secara umum, Pemkab Serang sudah siap melaksanakan Pilkades.”Sebentar lagi mau rapat tim,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here